Sumber Inspirasi, lebih dari sekedar buku mereka adalah sahabat gue

20:19

Sumber Inspirasi, lebih dari sekedar buku mereka adalah sahabat gue begitulah gue mendefisinikan buku, tentu dengan membaca kita akan banyak tahu tentang banyak hal. buku bisa menjadi hiburan, teman setia yang ga bakal ninggalin lo karena mereka ga punya kaki jadi gabisa jalan2 :p hehe

kali ini gue mau posting tentang sahabat gue ini, haha yups! mereka adalah yang buat gue kayak gini. asli gue kecanduan buku lebih mengerikan daripada kecanduan narkoba ternyata wkwkwk #HOROR

oke cekidot dan bekicot ^^V --->



Gue memang ga pandai merangkai kata-kata, tetapi apa salahnya mencoba kan?
Kalo ngebahas soal buku, rasanya hati ini dagdigdug *ceilaaaaaaaah* bener-bener kayak orang yang jatuh cinta deh kiw , buku buku dan buku bener2 narkoba buat gue haha gue kecanduan buku dan itu malah menyenangkan guys, really ! :D

 gue tergolong orang yang lumayan gila baca biasanya sih baca novel yang paling sering dan alhamdulillah sebagian besar (masih) novel boleh minjem dari temen (engga apa-apa deh yang penting usaha) . lagipula jujur aja yah, faktor kantong pelajar dengan uang jajan yang pas-pasan membuat gue jadi begini *ehem #ngenes

sebenernya bukan niat gue untuk ngerepotin orang lain terus, tetapi tau sendiri-lah harga buku tuh rata2 lumayan mahal dan gue lebih memilih  mempergunakan uang yang ada untuk mendahulukan hal-hal yang lebih penting baru kalo ada sisanya buat hura-hura (baca:beli buku). jadi daripada penasaran ya mending minjem dan alhamdulillah pada baik banget suka minjemin buku ke gue. MAKASIH BANYAK YAAAAAAAAA :D

 Yo, balik ke topic pembicaraan kita pemirsa.

Ada beberapa buku yang udah gue baca dan Alhamdulillah hampir semuanya suka!

Yang pertama novel Lawang Sewu 



novel pertama dan horror pula yang gue beli, dan alhamdulillah tuh buku gatau dimana :’( *curcol*
dulu masih jaman-jamanya masih gaptek banget, beli buku pun masih ga bisa bedain mana yang bener-bener bagus mana yang emang Cuma aku sukai karena ngeliat hanya sebatas covernya aja, haha jaman-jaman SMP memang indah
gue inget terakhir dipinjem temen sekelas waktu kelas 8 dan entah sekarang menjadi hak miliknya mungkin :’)
 novel horor yang sebenernya rada gaje tapi lumayan bikin gue parno tiap liat covernya :o


yang kedua novel-novel teenlit gitu 


 lupa asli judulnya apa saking banyaknya, tapi ada satu teenlit yang masih sedikit gue inget ceritanya adalah tentang anak kembar gitu, masih tentang cerita remaja dan segala aspek didalamnya percintaan, persahabatan.. 
pokoknya tuh terakhirnya mati ketabrak saat hujan *JLEB banget

ya cerita tentang masa-masa sekolah gitulaah, percintaan persahabatan dan konflik semua hal itu dibungkus dengan rapihnya oleh si penulis dan sejak saat itu gue mulai suka baca dan bercita-cita jadi penulis.
Makasih banget buat temen-temen gue yang udah bersedia minjemin novelnya, specially buat temen sebangku gue waktu kelas 9 Marda

Yang ketika novel islami gitu judulnya ketika cinta bertasbih Ceritanya bagus banget, eh gataunya dibikin sinetron ..
 


Jujur aja dulu hanya sebatas suka baca dan nulis tapi ga punya niat buat memperdalam. Semenjak SMK mungkin karena pengaruh lingkungan juga Gue mulai menyukai novel-novel yang lebih berbobot biasanya bercerita tentang kisah-kisah inspiratif dan menggagumkan.

Yang keempat Edensor 



Novel ini punya bundo azka (temen deket waktu smp)  , entah kenapa dia dipanggil bundo padahal bukan keturunan padang tapi jawa tulen hehe *peace*
Novel ini karya andrea hirata, asli bagus banget ceritanya. Novel ini bener-bener menginspirasi aku banget supaya tetep semangat dan berjuang dalam meraih dan mewujudkan mimpi yang kita punya. Sejak saat itu aku mulai menekuni dengan serius hobi dan kesukaanku untuk menulis, ya sekedar bikin kata-kata atau corat coret gajelas di kertas.
Oh iya, waktu itu aku juga sempet bikin note di facebook yang terinspirasi dari Edensor
Berikut cuplikannya :

Desa EDENSOR
on Thursday, February 18, 2010 at 8:33pm

sebuah desa yang terletak di jejeran perbukitan nan indah tanahnya yang subur dipenuhi dengan padang rumput yang indah dan banyak domba-domba berkeliaran kesana kemari memakan rumput-rumput yang hijau, kebun anggur yang luas, taman-taman bunga mawar, rumah-rumah yang serhana tetapi sangat menawan, sungai yang jernih, matahari yang menyinari hangat semakin menambah keindahan desa edensor ini.

Desa edensor terletak di pedalaman inggris sangat jauh dari hiruk pikuk keramaian kota inggris.

Desa edensor desa yang dianggap tak pernah ada , desa yang di kira hanya ada dalam angan saja. Desa khayalan, Desa yang indah bagaikan surga ternyata benar-benar ada.

Sejauh mata memandang keindahan desa ini takan terlupakan..

*terinspirasi setelah bca bku EDENSOR :)


Yang kelima Maryamah Karpov 

ini merupakan tetralogi laskar pelangi, setelah Edensor :)
ga sempet baca sampe abis sih cuma suka sama covernya hahaha



Yang keenam Perahu Kertas 

jadi anak alay dikit, mulut dimenyon-menyonin dikit wkwkwk ^^V


Asli Perahu Kertas karya Dewi “Dee” Lestari bagus banget, recomended banget deh
Ceritanya begitu dekat, mengalir dan bener2 bikin kita terbawa suasana seakan-akan berada disana dan merasakannya. Masih sama tentang cinta, persahabatan. Yang bikin novel ini keren adalah karena konfliknya itu.  Dan aku suka banget sama tokoh kugy dalam novel ini, diapun suka nulis orangnya sederhana, simple, cuek tapi hokinya bagus tuh karna bisa dapetin keenan yang bisa dibilang Mr.Perfeksionis

Yang ketujuh Hujan dan Teduh

Kepadamu, aku menyimpan cemburu dalam harapan yang tertumpuk oleh sesak dipenuhi ragu.

Terlalu banyak ruang yang tak bisa aku buka. Dan, kebersamaan cuma memperbanyak ruang tertutup.

Mungkin, jalan kita tidak bersimpangan. Ya, jalanmu dan jalanku. Meski, diam-diam, aku masih saja menatapmu dengan cinta yang malu-malu.

Aku dan kamu, seperti hujan dan teduh. Pernahkah kau mendengar kisah mereka? Hujan dan teduh ditakdirkan bertemu, tetapi tidak bersama dalam perjalanan. Seperti itulah cinta kita. Seperti menebak langit abu-abu.

Mungkin, jalan kita tidak bersimpangan…
Novelnya juga bagus, berhubung *ehem aku gadis pengagum hujan segala hal yang berbau hujan pasti aku suka 
pertama kali liat covernya di gramed, langsung suka tapi pada saat itu lagi pas nyari dan hujan pun berhenti dibuat galau lah aku, akhirnya gajadi diambil eh pas nanya ke lazu dia punya, dikasih pinjem deh haha
*thanks banget buat temen sekelas gue si Lazuardi atas segala bentuk pinjaman bukunya hehe

awalnya gue kira ini cerita klasik remaja ya percintaan, persahabatan, pertengkaran gitu tapi di novel ini ceritanya berani, mengangkat tema tentang kelamnya kehidupan remaja yang maaf penyuka sesama jenis , konfliknya sangat complicated banget tapi justru itu yang bikin penasaran .


Yang kedelapan Dan Hujan Pun berhenti 





Tau ini dari my twins, deta
Dia bilang ini buku bagus . dan alhamdulillah dengan susah payah puasa jajan selama sebulan akhirnya kebeli juga deh, seneng banget rasanya bisa beli sesuatu yang dipengenin tuh lewat hasil jerih payah sendiri.
Ini novel bagus banget, good job farida susanti . bener-bener suka banget.
Novel yang penceritaannya menggunakan bahasa yang apa adanya dan LIAR (karena banyak pake huruf capital di hampir semua bab) pokoknya sukaaaaaaaaaaaa :D

Novel yang kesembilan
Max Havelaar
Sebenernya ini novel lama dan mungkin lebih kearah sejarah soalnya lebih menceritakan sejarah. Dan aku udah pernah posting tentang buku ini. Berikut cuplikannya :


Buku Max Havelaar yang gue punya dan pernah gue baca


Sedikit tentang buku Max Havelaar

MULTATULI mempunyai arti yang khusus bagi Indonesia. Ia bertugas di Hindia Belanda pada pertengahan abad ke-19, menyaksikan penderitaan, pemerasan, dan penindasan terhadap bangsa Indonesia; lalu menggugat yang berwajib dan membongkar segala kejahatan yang menjadi tanggung jawacnya.

Kutipan kata-kata Multatuli :

Ya, aku mau dibaca! Aku mau dibaca oleh negarawan-negarawan yang berkewajiban memperhatikan tanda-tanda zaman; -- oleh sastrawan-sastrawan yang juga harus memabaca buku itu yang banyak dijelek-jelekan orang…..; -- oleh anggota-anggota perwakilan rakyat yang harus mengetahui apa yang bergolak dalam kerajaan besar diseberang lautan, yang adalah sebagian dari keraan Belanda…. Maka akan kuterjemahkan bukuku dalam Bahasa Melayu, Jawa, Sunda, Alifuru, Bugis, Batak….

Kata pengantar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Mashuri (11 Pebuari 1972) :

Kemudian, baik pula didengar, kata-kata Multatuli, sebagaimana diucapkan dihadapan sebah (Persidangan) di Lebak pada bulan Januari 1856, sebagai berikut : “Sebab kita bersuka-cita bukan karena memotong padi, kita bersuka cita karena memotong padi yang kita tanam.”
Ucapan Multatuli berlaku hingga hari ini……
Sebuah buku yang perlu dibaca!



Menurut gue pribadi yang udah baca bukunya , buku ini emang bagus banget loh.. didalamnya banyak banget nila-nilai moral yang bisa di ambil, terus juga ada gambaran-gambaran tentang ketidak-adilan demi ketidak-adilan yang dialami oleh kaum bumi putera semasa diberlakukannya system TanamPaksa , didalam buku ini juga mengisahkan tentang bagaimana perjuangan Multatuli mengungkap kebenaran demi kebenaran yang dia temukan.

Buku ini bisa juga dibilang buku sejarah loh soalnya sarat akan nilai-nilai sejarah khususnya sejarah Negara Indonesia pada masa penjajahan Belanda dulu . selain itu, Multatuli juga membahas tentang kisah cinta Saijah dan Adinda, kaum bumi putera
Karena buku ini tergolong sebagai buku “jadul” , jujur gue memang sedikit merasa kesulitan untuk membaca dan memahaminya karena bahasa yang digunakan masih-lah memakai bahasa Indonesia pada tempo dulu. Over all Buku ini patut dibaca !


Multatuli aja yang sejatinya berkebangsaan bukan dari Indonesia tergerak hatinya untuk perduli terhadap nasib rakyat jelata , masa iya Kita sebagai Rakyat Indonesia ga perduli sama nasib saudara-saudara kita yang diluaran yang masih banyak terjajah oleh kemiskinan.


Yang kesepuluh adalah novel dengan tema islami yang berjudul Meniti diatas kabut 2 



Awalnya ada kaka kelas yang update status tentang sebuah buku gitu awalnya Aku Cuma iseng nanya-nanya, dan ternyata judulnya adalah Meniti diatas kabut 2. akhirnya dipinjemin deh sama dia, haha Makasih ka Memei :)
Ceritanya diangkat dari kisah nyata gitu seorang pemuda yang terlahir dikeluarga yang bisa dibilang serba berkecukupan Cuma sayang MATERI-lah yang menjadi prioritas utamanya, Dia hampir tidak sama sekali mengenal agama. Padahal sesungguhnya dia islam. Dia tertarik dan penasaran untuk mempelajari islam lebih jauh. Akhirnya dia menikah dengan wanita muslimah yang taat, lewat proses ta’aruf. Mereka menikah namun tak hanya sampai disitu, banyak hal dan banyak cobaan yang datang menghampiri. Hubungan dia dengan istrinya sempat ditentang keluarga. Pokoknya menceritakan banyak sekali pergejolakan bathin antara urusan dunia dengan akidah. Buku yang bagus, sebenernya ini buku belum selesai aku baca, tinggal beberapa bab lagi selesai sih ^^V
Aku rekomendasikan buku ini banget deh ^^b

Yang kesebelas 



Marmut Merah jambu karya raditya dika ini gue suka, ya seperti biasa buku yang bisa bikin ngakak sambil guling-guling haha
Hampir semua bukunya raditya dika aku sukaaaaaaaaaaa :D
Sekali lagi makasih buat lazu yang selalu dengan senang hati jadi perpustakaan berjalan buat gue :D

paling suka pas cerita tentang Alfa, kucingnya si raditya dika haha 

Mungkin setelah kalian baca postingan ini, kalian akan menganggap aku itu orang yang paling ga modal karna minjem sana sini, ga apa-apa mungkin emang itu bener. Tapi buat aku ga perduli itu hasil pinjeman atau buku sendiri toh bedanya Cuma bukunya milik aku atau bukan. Budget minim bukan hambatan yang besar, bukankah manusia itu sempurna? Manusia punya akal pikiran oleh karena itu jangan pernah takut untuk mencoba, meski terdengar memalukan selama tidak merugikan orang lain kenapa tidak?

*catatan : peminjam buku yang baik adalah yang bertanggung jawab atas buku pinjamannya dalam arti kata menjaganya dengan baik dan tentu mengembalikannya kepada pemiliknya, bukan malah di-Hak miliki -__-

Oke salam Miaaaaaaaaaaaaaw dan tetap semangat ~~~


sumber gambar : mbah Google (keculai yanga ada muka saya, itu hasil foto sendiri ngahaha)


postingan ini diikutsertakan salam giveaway-nya elfrida 


You Might Also Like

2 comments

Hallo... Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya dan membaca postingan saya. Sempatkan untuk meninggalkan komentar ya, tapi tolong komentarnya jangan yang sekedar "buang komentar" aja padahal konteksnya nggak ada kaitannya sama sekali sama apa yang saya posting. Terserah curhat atau apapun itu, tapi saya akan sangat menghargai kalau kamu komen yang nyambung sama konteks dari apa yang saya tulis.
Oh iya, semua orang dapat mengomentari blog saya ada akun-akun pilihannya jadi kamu nggak perlu lagi buang link di komentar ya, Oke? :))

Semua yang telah komen, sebisa mungkin akan saya kunjungi balik jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi bilang "kunjungi balik ya"

Komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu, ini saya gunakan untuk menyaring spam. Jadi komentar yang saya anggap layak tentu akan lolos dari proses penyaringan. Terima kasih atas kerjasamanya!

Semoga betah mampir di blog saya :))

Like us on Facebook


PRchecker.info

Subscribe