Menemukan Kembali Semangat Yang Hilang, I'll Go For It!

14:09

“Mit, lu lagi ngapain?”
“Gue lagi nyoba bikin blog nih.”
“Blog? Apaan tuh?”
“Mm... pokoknya yang kayak gini nih.”
Percakapan itu terjadi di sela-sela aktivitas magangku karena bosan tidak ada pekerjaan memanfaatkan internet yang ada ditambah dengan rasa penasaran yang begitu menggebu, kuputuskan untuk mencoba membuat akun di blogspot. Yang kutahu namanya itu blog.

Tahun 2011 menjadi awal mula ‘sisi lain’ kehidupanku lahir, melalui blog yang kumiliki, aku telah berbagi banyak cerita di dalamnya. Entah sekedar curahan hati, tips, karya-karyaku, review, cerita kebahagiaanku ketika cerpen dan resensiku untuk pertama kalinya masuk ke media, bahkan cerita pengalaman dan perjalanan yang pernah kulalui. Aku menemukan sebuah kenyamanan yang sebelumnya tak pernah bisa kutemukan, kenyamanan untuk berbagi cerita pada orang lain. Bagiku, satu-satunya jalan mulus untuk dapat menyampaikan pikiran dan perasaan yang tidak dapat kusampaikan dengan lisan adalah dengan menulis. Lewat blog semua itu menjadi kenyataan, tak hanya sekedar menjadi angan.
Empat tahun sudah semuanya berjalan, banyak hal yang sudah kulalui dan tak bisa dipungkiri bahwa aku pun telah berproses. Meski belakangan aku sering merasa, “setelah empat tahun lamanya, blogku kok ya gini-gini aja, nggak ada perubahan.” Mencari, menemukan, mendapatkan dan kehilangan. Itulah yang sedang aku rasakan. Aku sedang merasa kehilangan semangat ngeblog, merasa jenuh, sedang kehilangan jati diriku di dalam blogku sendiri. Terlalu banyak yang ingin kukejar, tanpa sadar membuatku lupa untuk menjadi diriku sendiri. Setahun ini, aku sering kali merasa kebanyakan tulisanku di blog terasa hambar, ketika aku membaca tulisanku sendiri seperti membaca tulisan orang lain bahkan ironisnya aku tidak dapat mengenali lagi tulisanku sendiri. Seringkali aku merasa tak bahagia ketika membaca tulisanku sendiri.
Aku rindu masa-masa di mana aku begitu bahagia dan bersemangatnya menceritakan apapun yang kurasakan, yang kulihat, yang kudengar dan kualami. Keresahan-keresahan yang begitu mengusik pikiran, tumbuh berkembang menjadi ide-ide ‘liar’ yang membuatku begitu semangat untuk menuliskannya di blog. Aku rindu pada masa di mana orang lain bisa bahagia ketika membaca tulisanku, termasuk teman terdekatku di bangku kuliah yang acap kali memintaku untuk menuliskan cerita perjalanan yang pernah ku alami di blog karena dia ingin membacanya. Tak jarang aku bahkan rela begadang sampai pukul satu pagi, hanya untuk segera menuliskan dan memposting cerita di blog. Semua kulakukan dengan perasaan bahagia dan ada satu kepuasaan tersendiri yang kudapatkan, tapi kini semua itu seakan hilang entah ke mana. Aku bahkan merasa sangat tak bersemangat, tak betah berlama-lama berkutat dengan blog. Semua terasa asing sekali bagiku. Seperti kembali memulai semuanya dari nol.
Aku ingin kembali menemukan semangat-semangat yang sempat hilang, menemukan diriku sendiri di dalam setiap tulisan yang kutulis di dalam blog seperti dahulu lagi. Aku ingin kembali bisa merasa bahagia ketika kutulis cerita demi cerita di dalam blog ini. Aku ingin kembali berbagi cerita kepada siapapun yang memang ingin melihat dan membacanya, seperti nama blogku “mimith punya cerita”, syukur-syukur yang kemudian bisa menjadi bahan renungan bersama bagiku maupun bagi mereka yang membaca. Banyak hal yang kulalui, banyak cerita yang sebetulnya bisa diceritakan, tapi seringkali aku urungkan karena merasa semua itu tidak ada lagi gregetnya. Akhirnya semua ide-ide yang sering tiba-tiba hadir hanya akan berakhir dalam Notes di ponselku dan aku hanya bisa melihat blogku di Baidu tanpa pernah bisa dengan mudah lagi aku update secara rutin seperti dulu lagi. Beruntung ketika aku sedang blog walking, aku melihat postingan blog emakgaoel sehingga memotivasiku untuk bisa curhat panjang lebar mengenai keresahan-keresahan tentang blogku selama setahun ini.

Aku percaya, sebelum bisa memperbaiki keadaan dan lingkungan sekitar hal utama yang mesti diperbaiki adalah diri sendiri. Sekarang, yang berusaha kulakukan adalah kembali membuka postingan-postingan lama yang ada di dalam blog ini, supaya mengingatkan kembali bahwa untuk sampai di titik sekarang, proses yang kulalui amat panjang dan tak selalu berjalan mulus memang. Mungkin dengan demikian, aku bisa kembali menemukan semangatku yang hilang itu. Kalau semangatku sudah terpupuk kembali, aku ingin produktif ngeblog lagi, merombak blogku; mengganti template dan headernya sehingga untuk jangka panjangnya aku ingin menjadikan blogku menjadi TLD (Top Level Domain). Yang paling penting adalah aku bisa konsisten posting blog lagi, minimal dua minggu sekali, tidak seperti sekarang, ada postingan dalam satu bulan pun sudah syukur alhamdulillah.

Kubuat dengan bantuan photoscape



Kembali menemukan semangat yang hilang dan diri sendiri dalam setiap tulisanku, 
I’ll Go For it





Go For It Blog Competition

You Might Also Like

10 comments

  1. ngeblog untuk berbagi cerita itu keren. :D

    ReplyDelete
  2. ayoooo..bangkitkan lg semangat ngeblogmu mbak, go for it, yeaaahhhh

    ReplyDelete
  3. lama ngga mampir ke sini, tau tau headernya dah ganti..hihii...biasanya ada gambar gadis hujannya bukan??

    mmm...memang kadang kalo dah baca-baca lagi tulisan lama, ehh pas ada rasa males buat ngeblog lagi --tau tau ilang deh...jadi sayang-sayang kalo kisah hidup kita mandeg sampai di sini...akhirnya sugesti tuk nulis muncul lagi ya mit...semangat buat lombanya...

    ReplyDelete
  4. Tetap semangat y mbak mita, semua harus diawali dengan niat. Happy blogging....

    ReplyDelete
  5. Adduhhhh,,, sama sepertiku nih.. Dulu rela begadang buat ngeblog. Sekarang? Sering malas. Huhu...
    Ya semoga ka mita (dan aku juga) bisa menemukan kembali semangat ngeblog yang hilang :D

    ReplyDelete
  6. semangaaaaat yaaa...semoga menang. Dan ngeblog memang bisa membuat semangat jadi meletup-letup..have fuun with your blog :)

    ReplyDelete
  7. seperttinya sama kayak sayah, setelah sekian lama baru beberapa waktu belakangan ini semangat ngeblognya baru muncul lagi.

    Semoga kita tetep konsisten dalam ngeblognya ya mba

    ReplyDelete
  8. Aku juga pernah kehilangan semangat, pernah 3 bulan gak posting apa - apa. Menelantarkan apa yang sudah kita bangun dari nol T,T Tapi ya dari situ muncul tekad bahwa aku gak akan lakuin kesalahan yang sama lagi. Pokoknya semangat buat Mimith :)

    ReplyDelete
  9. ngeblog untuk berbagi, niatnya emang harus gitu :D perkara dapet imbal balik dari ngeblog, ya anggap aja rejeki~

    ReplyDelete
  10. Saya juga ikut tertular semangat neh...
    Semoga sukses yaaa :)

    ReplyDelete

Hallo... Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya dan membaca postingan saya. Sempatkan untuk meninggalkan komentar ya, tapi tolong komentarnya jangan yang sekedar "buang komentar" aja padahal konteksnya nggak ada kaitannya sama sekali sama apa yang saya posting. Terserah curhat atau apapun itu, tapi saya akan sangat menghargai kalau kamu komen yang nyambung sama konteks dari apa yang saya tulis.
Oh iya, semua orang dapat mengomentari blog saya ada akun-akun pilihannya jadi kamu nggak perlu lagi buang link di komentar ya, Oke? :))

Semua yang telah komen, sebisa mungkin akan saya kunjungi balik jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi bilang "kunjungi balik ya"

Komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu, ini saya gunakan untuk menyaring spam. Jadi komentar yang saya anggap layak tentu akan lolos dari proses penyaringan. Terima kasih atas kerjasamanya!

Semoga betah mampir di blog saya :))

Like us on Facebook


PRchecker.info

Subscribe