Samsung Galaxy Note 5, Ponsel Terbaru Yang Jadi Idaman

23:10

Semakin berkembangnya teknologi yang ada, saya semakin mengidamkan handphone yang bukan hanya sekedar canggih semata, tetapi juga bisa memenuhi kebutuhan saya sehari-hari. Belum lama ini, Samsung kembali membuat gebrakan  dengan memperkenalkan sebuah produk terbaru bernama Samsung Galaxy Note 5 dalam event Samsung Unpacked 2015 di New York pada 13 Agustus 2015 lalu.  Tentunya, Samsung Galaxy Note 5 hadir dengan banyak pembaharuan dibandingkan dengan versi terdahulunya. 

Sebagai seorang mahasiswa yang penuh dengan rasa ingin tahu dan penasaran yang meletup-letup, saya akan berusaha untuk mencari tahu dan mencoba banyak hal baru termasuk mencoba aplikasi-aplikasi menarik dengan memanfaatkan ponsel pintar yang ada. Namun, semua itu harus sejalan dengan kesabaran saya yang juga ikut dilatih sebab ponsel yang saya miliki kini  belum memiliki spesifikasi yang mumpuni, seperti RAM yang—sayangnya—hanya berkapasitas 512mb saja, tak jarang sering membuat ponsel saya lag dan cepat panas ketika saya menggunakan banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Hal lain yang membuat saya lagi-lagi harus melatih kesabaran adalah minimnya RAM dan penyimpanan internal yang membuat saya tidak bisa leluasa dalam mengunduh dan menggunakan aplikasi yang ada, terlebih ketika aplikasi-aplikasi yang ada meminta pembaruan. Saya harus benar-benar memilah dan memilih mana saja yang sedang saya butuhkan dan mana saja yang—dengan berat hati harus saya copot pemasangannya dari ponsel saya. Dua hal mendasar itulah yang membuat saya begitu mengidamkan Samsung Galaxy Note 5 terbaru yang tidak sekedar kekinian dan pintar, tapi juga dapat memenuhi kebutuhan saya.




            Beberapa alasan yang membuat saya begitu mengidamkan samsung galaxy note 5 sebagai ‘teman’ baru dalam memenuhi kebutuhan hidup saya sehari-hari, di antaranya:


“Big is beautiful screen”
Kalimat itu yang saya dengar sewaktu menonton video Samsung Galaxy Unpacked 2015 Livestreaming. Well, dari segi desain samsung galaxy note 5 ini memiliki tampilan yang eksklusif dan menawan dengan menyajikan empat pilihan warna. Ponsel pintar ini memiliki layar sentuh seluas 5.7 inches beresolusi 1440 x 2560 pixels dan kedalaman 518ppi dengan didukung teknologi layar super AMOLED beresolusi Ultra HD capacitive touchscreen dan sudah dilengkapi pelindung layar Corning Gorilla Glass 4 juga, loh! Waw!

pilihan warnanya


Samsung galaxy note 5 ini dibekali RAM yang berkapasitas 4GB tentunya membuat ponsel ini dapat bekerja maksimal. Ya iyalah, banyangin dong, 4GB gitu! Prosesor yang digunakan dalam ponsel ini menggunakan model Octa core 64-bit dengan delapan buah inti CPU (Core) yang terdiri 4 Core 2,1 GHz berkecepatan tinggi dan 4 Core 1,5 GHz hemat daya. Tak ketinggalan sistem operasi yang diusung adalah Android versi terbaru 5.0 Lolipop. Hmm... Sangat menarik!
Dengan kapasitas RAM 4GB dan prosesor yang cepat serta hemat daya, saya bisa membuka banyak aplikasi seperti media sosial, browser, musik maupun memaikan game dengan mudah. AAAAAAAAAKKK~ bener-bener bisa puas banget lah pake banyak aplikasi dan ngegame sepuasnya tanpa menunggu loading yang lama dan tanpa perlu takut ngelag lagi. BAHKAN BISA PUAS STREAMING VIDEO KARENA LAYARNYA YANG GEDE! Luar biasa! Dan karena sudah dilapisi pelindung layar Corning Gorilla Glass 4, saya tidak perlu takut lagi jika ponsel saya akan tergores dan lecet layarnya akibat kepetakilan saya seperti yang sudah-sudah. Iya, soalnya hp saya yang ini aja layarnya retak jadi korban. Hahaha.


Oh iya, meski layar samsung itu gede, tapi tetap nyaman untuk digenggam dengan satu tangan. Jadi, pengguna nggak perlu lagi ngerasa risih karena harus menggenggam ponsel dengan dua tangan karena ngerasa berat. Bahkan untuk memberikan kenyamanan pada penggunanya pun, Samsung benar-benar memikirkan dengan baik.












Selain mendengarkan musik, main game, bermedia-sosialan, mencatatat di note ponsel dan streaming video kala sedang iseng, saya juga suka menggambar walau seringnya nggak bagus-bagus amat. Jadi saya sendiri nggak terlalu bermimpi punya alat mahal untuk gambar digital seperti mereka yang memang sudah pro di bidangnya. Jadi saya hanya butuh sesuatu alat yang bisa saya gunakan untuk jadi pelengkap saya dalam bereksperimen.
Nah, saya punya pengalaman yang bikin saya pengen banget punya ponsel yang ada digital pennya! Jadi, waktu itu saya lagi semangat-semangatnya ingin mengunduh aplikasi untuk gambar digital di ponsel, tapi harapan saya pupus ketika mengetahui bahwa aplikasi itu harus didukung oleh adanya pulpen digital (iya saya senang menyebutnya demikian!) yang belakangan baru saya tahu itu namanya S pen yang tersedia di Samsung Galaxy Note 5. Ah, saya sedih! Padahal saya lagi semangat-semangatnya ingin belajar gambar. Hiks!
Saya pernah mencoba menggambar abstrak, ala kadarnya dengan memanfaatkan aplikasi note yang saya unduh sendiri (ponsel saya memang serba nggak ada, positifnya sih bikin penggunanya jadi mandiri. Iya, jadi unduh aplikasinya sendiri XD). Begini lah hasilnya:


doc.pribadi


Dengan adanya S pen ini juga bukan sekedar untuk pendukung aplikasi gambar digital yang saya butuhkan juga mendukung kebutuhan saya yang memang hobi browsing sana-sini untuk mencari dan membaca informasi yang ada maupun mencari referensi untuk buku inceran, bahan kuliah maupun bahan untuk ngeblog. Dengan browsing, kadang saya bisa mendapatkan ide-ide segar yang bisa saya manfaatkan untuk kebutuhan menulis saya. Karena  S pen yang ditawarkan Samsung Galaxy Note 5 memang luar biasa, satu alat bisa dipakai dan berguna untuk banyak hal. 




Oh iya, S pen pada ponsel ini dilengkapi dengan perintah seperti ini:
·         Action Memo
·         Smart Select
·         Screen Write
·         S note
·         Add Shortcut
S pen juga dapat digunakan untuk mengcapture halaman website yang panjang—dan biasanya membuat pengguna harus menyekroll—hanya dalam satu gambar saja! Jadi misalnya saya ingin mengcapture sebuah halaman yang berisi resep masakan, pasti nggak semuanya terbawa dalam satu gambar. Jadi, saya harus berulang kali mengcapture halaman yang panjang. Kurang efisien memang, sehingga memakan waktu dan menghabiskan tenaga yang lebih. Kadang, saya juga lupa bagian mana saja yang sudah maupun yang belum di capture sehingga tidak sedikit yang saya capture secara dobel. Sungguh merepotkan!
Hal lain yang menyenangkan dari S pen adalah saya bisa mencatat banyak hal dengan mudah. Kadang kala ide suka datang tiba-tiba dan harus segera saya tulis sehingga ketika ponsel dalam keadaan mati dan harus saya nyalakan dulu, baru buka catatan itu akan makan waktu dengan teknologi S pen dari Samsung Galaxy Note 5 ini, saya tetap bisa menulis meskipun layarnya dalam keadaan mati. Dengan S Pen menulis di ponsel pun semudah menulis di kertas.
Dan dengan S pen pengguna juga dapat dengan mudah tanda tangan dokumen tanpa harus lagi scan lalu dimasukan secara manual ke dokumen. Duh, kalau kayak gitu kan repot banget ya. Untungnya ada S Pen!

Saya juga memang suka sekali memotret walau lagi-lagi hasilnya masih biasa saja, tetapi ada sebuah kebahagiaan tersendiri ketika berhasil mengabadikan sebuah momen dalam sebuah foto.  Bagi saya, foto menjadi salah satu yang penting sebab tulisan tanpa foto rasanya seperti ada yang kurang, dan terasa hambar. Sebab foto dapat menjadi pelengkap sebuah tulisan. Apalagi saya yang suka berbagi cerita di blog, kalau tanpa foto pendukung berasa kurang gregetnya. Terlebih ketika akan menceritakan cerita perjalanan. Kalau kata penghuni dunia maya itu “no pict = hoax”. Hehehehe....

Ini ada salah satu hasil foto jepretan saya pakai kamera hp saya yang ala kadarnya. Bagi saya, kegiatan foto-memfoto itu menyenangkan karena foto lebih dari sekedar gambar karena foto bisa juga menangkap moment dan kenangan :)


doc.pribadi



Meski ponsel yang saya miliki ini dibekali dengan kamera belakang sebesar 8 megapixels, tetap saja hasil fotonya kurang jernih dan faktor pencahayaan yang selalu menentukan hasilnya. Oleh karenanya saya memang membutuhkan ponsel dengan resolusi kamera yang lebih baik dan Samsung Galaxy Note 5 seperti menjadi sebuah jawaban atas keresahan saya dalam hal fotografi karena dibekali dua kamera. Kamera primer (belakang) beresolusi 18 Megapixels dan kamera sekunder (depan) beresolusi 5 Megapixels yang pastinya bikin saya puas dengan hasilnya karena tidak perlu lagi khawatir dengan hasil fotonya dengan resolusi yang mumpuni seperti itu. Gambar yang dihasilkan oleh kamera Samsung Galaxy Note 5 pastinya akan tajam, jernih dan jelas. Oh iya, fitur kameranya pun dilengkapi dengan optical Image Stabilization (OIS) dan HDR Auto real time untuk memfoto dengan cahaya yang baik dan menghasilkan kualitas gambar yang halus dan jelas.  Jadi saya nggak perlu khawatir lagi dengan hasil foto yang saya ambil kalau-kalau hasilnya burem karena kurang cahaya. Selain foto yang menjadi menarik adalah video. Pada kamera Samsung Galaxy Note 5 terdapat juga pilihan Mode Video Clip yang bisa dipilih seperti Collage, Serval, dan Slow Motion.

Selain layar dan spesifikasi yang mumpuni, baterai juga menjadi piranti yang penting. Sebab tanpa baterai ponsel tidak akan bisa menyala dan tidak bisa digukanan juga kan. Hehehe! Sebetulnya baterai Samsung Galaxy Note 5 lebih rendah kapasitasnya dibandingkan dengan pendahulunya yaitu hanya sebesar 3000 mAh saja. Namun dengan mengusung teknologi pengisian daya cepat sepertinya tidak akan menjadi masalah juga bagi penggunanya. Biasanya sih ini berguna dalam keadaan darurat ketika saya sedang bepergian bersama teman-teman lalu memutuskan istirahat sebentar di warung dan menumpang mengisi baterai saya tidak perlu merasa khawatir lagi karena pengisian dayanya yang cepat. Dan meski pengisian dayanya cepat, tapi tetap hemat daya juga ketika digunakan. Jadi sebanding lah ya :D





Kelima, yang bikin saya bener-bener semakin memimpikan Samsung Galaxy Note untuk jadi ‘teman baru’ di dalam menjalani aktivitas saya adalah karena ada fitur Sidesync. Sidesync itu apa sih? Itu adalah fitur untuk memudahkan pengguna ponsel ini jika ingin menyingkronkan dari dua perangkat yang berbeda yaitu Handphone ke PC (Personal Computer), jadi transfer berbagai jenis file yang ada pun jadi lebih mudah lagi. Kadang agak ribet ya kalau mau transfer file aja harus cabut-pasang sd card mulu kan :|


Sekarang, saya memang baru bisa sebatas berkhayal dan mimpi dulu aja bisa punya Ponsel super keren yang bener-bener jadi idaman kayak Samsung Galaxy Note 5 ini, tapi bukan nggak mungkin kan suatu hari nanti saya bisa punya HP sekeren ini dan menjajal sendiri sensasinya seperti apa ya kan. Mari Aamiin-kan bersama :3

Anyway, kalau kamu masih penasaran dan pengen nyari tau lebih jauh dan dalam lagi tentang Samsung Galaxy Note 5 yuk ke www.GalaxyLaunchPack.com . Oh iya, jangan lupa subscribe juga ya untuk tetap mendapatkan informasi terupdate mengenai ponsel yang keren ini.



           


Referensi :

Foto:
dari Screenshot video Samsung Galaxy Unpacked 2015
http://www.samsung.com/id/galaxy/note5/features/
dan dokumen pribadi

Bahan tulisan:
Dari Video Samsung Galaxy Unpacked 2015
http://www.samsung.com/id/galaxylaunchpack/






You Might Also Like

4 comments

  1. banyak banget yang mereview ni, dan aku nyerah aja, klopun ikutan ga akan selengkap kamu hihi

    dan itu ponsel kok ya sadis banget ya ]
    tampilannya elegan banget

    ReplyDelete
  2. Ahhh.. Hpnya keren. Lha note 4 aja belum pernah megang, haha

    Bentuknya kayak iPhone gitu ya..

    ReplyDelete
  3. tertarik sama S Pen sih biar bisa gambar-gambar :(

    ReplyDelete
  4. Kayaknya Gnote 5 ini bakal sukses di pasar. Samsung is still the king

    ReplyDelete

Hallo... Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya dan membaca postingan saya. Sempatkan untuk meninggalkan komentar ya, tapi tolong komentarnya jangan yang sekedar "buang komentar" aja padahal konteksnya nggak ada kaitannya sama sekali sama apa yang saya posting. Terserah curhat atau apapun itu, tapi saya akan sangat menghargai kalau kamu komen yang nyambung sama konteks dari apa yang saya tulis.
Oh iya, semua orang dapat mengomentari blog saya ada akun-akun pilihannya jadi kamu nggak perlu lagi buang link di komentar ya, Oke? :))

Semua yang telah komen, sebisa mungkin akan saya kunjungi balik jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi bilang "kunjungi balik ya"

Komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu, ini saya gunakan untuk menyaring spam. Jadi komentar yang saya anggap layak tentu akan lolos dari proses penyaringan. Terima kasih atas kerjasamanya!

Semoga betah mampir di blog saya :))

Like us on Facebook


PRchecker.info

Subscribe