Godaan Terbesar Saat Puasa

21:52

Seperti biasa grup watsap #PojokWB selalu ramai notifikasi, nggak pernah ada matinya. Jarang dibuka tau-tau udah ratusan aja hahaha nah waktu itu lagi rame-rame soal challenge gitu, gue yang awalnya nggak tahu apa-apa terus ikut nimbrung “mau ikutan”, sebetulnya pendaftaran tantanganya itu udah ditutup, mungkin karena kasihan juga ke gue akhirnya diperbolehkanlah gue buat ikut. Gue jadi daftar terakhir yang menutup nama peserta tantangan pojok wb.

Nah, peraturannya sederhana sih jadi kita tuh dapet tantangan dari orang sebelum kita dan kita bisa ngasih tantangan ke orang yang setelah kita. Orang yang sebelum gue itu adalah Nova,  berhubung orang setelah gue nggak ada (karena gue yang terakhir) akhirnya balik lagi ke awal dan gue berkesempatan untuk menantang mami Ajen.

Suatu ketika, entah tanggal berapa gue lupa hahaha tanggal 1 atau 2 juli gitu, Nova mengirimi gue PM (Personal Message), kurang baik apa coba dia nanya dulu ke gue hahaha

Katanya, “Mimit, mau challenge yang gampang atau susah?”

Dengan sedikit bercanda gue bilang, “Berhubung mau uas dan lagi banyak tugas kalo bisa sih yang gampang aja ya :D”

Singkat cerita, Nova pun memberikan sebuah tantangan ke gue. Tantangannya adalah...

Berhubung bulan puasa dan waktu puasa masih lama, jadi tentang puasa aja yah. Jadi temanya “Godaan terbesar saat puasa” gampang kan.

Begitulah isi tantangan Nova, ya... meski terlihat gampang yang namanya tantangan tetep aja susah ya hahahahaha

Gue sempet kelupaan, tau-tau udah tanggal 6 Juli aja. Niatnya pengen diselesaikan pulang UAS. Ya apa mau dikata manusia hanya dapat berencana hahaha prediksi awal pulang siang, eh taunya ngerjain tugas dulu dan numpang istirahat di Kosan temen dulu, sorenya temen ngajak buka puasa bersama di Luar. Jadi buka puasa bersama dulu dan gue baru nyampe rumah jam setengah 8 malem.  Langsung deh tuh ngebut bikin postingan ini hahaha jadi gue minta maaf banget sama Nova dan kak ajen kalau postingan tantangan ini nggak maksimal :(

Nggak kerasa puasa udah jalan di pertengahan bulan, tinggal hitungan hari lagi menuju lebaran. Jalanan mulai kena imbasnya ya apalagi kalau bukan macet. Mall-mall mulai rameeeee banget sama lautan manusia hahaha fenomena biasa menjelang lebaran.
Menyambung tema tentang godaan terbesar saat puasa, alhamdulillah semakin bertambahnya usia semakin merasa kalau sebesar apapun godaan yang ada, tapi kalau udah niat mah ya kuat-kuat aja. Namun godaan terbesar saat puasa bukan berarti gue nggak pernah ngalamin ya hahaha pasti ngalamin. Ini ada beberapa godaan terbesar saat puasa versi gue, ya mungkin aja ada yang mengalami hal ini sama kayak gue hahaha




Godaan terbesar  saat puasa versi gue:


1.      Ngomongin orang
Nahan lapar dan haus bisa-bisa aja ketahan sih, paling parah ya lemes aja, tapi kalau udah ketemu temen-temen terus ngobrol panjang lebar, ngalor-ngidul padahal awalnya topik tentang apa, eh ujung-ujungnya nggak sadar tau-tau jadi ngomongin orang aja ahahaha
Ini yang paling susaaaaaaaaah banget buat diilangin. Abis gimana ya, kalau udah ngobrol pasti jadinya ngomongin orang, meski nggak ngomongin hal-hal kejelekan, tapi tetep aja kan namanya ngomongin orang? hahaha

Solusi: sampai saat ini, masih mencari solusi untuk masalah ini dan belum menemukan. Mungkin ada yang bisa bantu menemukan solusinya? :p

2. Nahan emosi
Ini juga yang paling susah sih dan lumayan berat. Kadang ada aja hal-hal yang bikin emosi dan buat nahanya itu susah. Bisa aja sih ditahan, tapi jatohnya yaa kependem sendiri, stress sendiri, kesel sendiri hahaha

Solusi: Paling kalo ini sih cara terbaiknya ya awalnya dengan diem terus menarik napas lalu embuskan, kalau belum ilang juga ya wudhu.

3.      Temen yang rada kampret
Hal ini belum lama gue alami sendiri hahaha meski bisa aja nahan lapar dan haus, tapi saat ada temen yang nggak puasa terlepas daripada alasan dibalik kenapa mereka nggak puasa entah karena emang lagi ‘libur’ atau hal lainnya. Sebenernya bukan soal nggak puasanya sih, tapi akan jadi sangaaaaaaat menyebalkan kalau di Siang hari yang terik, waktu yang pas buat bener-bener nguji kesabaran banget karena di jam-jam segitu letak titik puncak kelemahan seseorang ketika lagi puasa eh tau-tau temen  ke Warung jajan minuman dingin sama beli makanan. Tanpa sadar, itu bikin kabibita (kepengen) gitu. Itu jadi godaan terberat juga sih. Duuuuuuh!

Solusi: blak-blakin aja, tapi sambil bercanda. Bilang aja kalo mau makan ngumpet dulu sana di Kamar mandi :p
Atau paling enggak yaaa jangan menunjukkan juga. Tapi ini sifatnya sementara sih, jadi hanya rasa sesaat aja. Ntar juga kabibitanya ilang sendiri. Kalau belum juga, yaudah tinggalin aja temennya. Menjauh sementara dulu hahaha (Ini solusi bukan sih? XD)

4.      Rasa Malas
Nggak bisa dipungkiri kalau lagi puasa rasa malasnya itu tuh meningkat dua kali lipat, faktornya sih karena lemes jadi males ngapa-ngapain. Maunya tidur aja hahaha
Ini juga sih godaan terberat yang nggak cuma ada pas puasa doang, tapi selalu ada di setiap harinya.

Solusi: Paling ya paksain aja buat nyari-nyari kegiatan biar rasa malesnya ilang dikit dan nggak melulu kepikiran soal tidur haha

5.      Ngantuk
Beuh, kalau puasa yang jadi godaan terberat juga pasti aja selalu ngerasa gampang ngantuk. Bingung juga sih ini kenapa, apa karena emang dasarnya gampang ngantukan hahaha

Solusi: Tidur yang cukup, kalau udah tidur yang cukup dan masih ngantuk yaudah lah ya mungkin emang tipikal orang yang gampang ngantukan. :p

6.      Ngeluh
Ini juga sama sih jadi salah satu godaan yang bikin puasa kerasa jadi tambah berat. Ya apalagi kalau bukan ngeluh. Cuaca terik, banyak kegiatan di luar ruangan dan harus menahan lapar serta haus pasti tanpa sadar juga pernah ngeluh. Sejatinya, ngeluh emang nggak pernah menyelesaikan masalah malah tambah bikin semuanya jadi berat buat dijalani. Jadi salah satu godaan terberat saat puasa.

Solusi: Sebelum keluhannya itu terucap, cepet-cepet pikirin hal-hal yang menyenangkan. Kalau misal udah terlanjur ngeluh, yaudah mau gimana lagi palingan langsung buru-buru nyadar aja kalau ngeluh itu juga percuma nggak akan ngerubah apa-apa.


Enam hal itulah yang jadi “godaan terberat saat berpuasa” versi gue. Nah, apa godaan terberat kamu saat berpuasa? Mau share juga? Silahkan di Kolom komentar ya ^^




P.S : Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan pojok wb edisi pertama



You Might Also Like

19 comments

  1. kalau buat saya kayaknya rasa malas hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget ya, rasa malas tuh susah banget buat diilangin :|

      Delete
  2. Point 2 masih belum saya kontrol sepenuhnya. Selalu saja ada yang membuat diri ini terpancing untuk emosi biarpun sudah berusaha sekuat tenaga untuk di tahan. Tapi begitulah sering tidak sadar saat emosi meledak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang hal kecil aja bisa memancing emosi sih kalo keadaan mood kita lagi naik turun dan nggak stabil. Harus pinter-pinter jaga emosinya biar nggak terlalu meledak-ledak sih.

      Delete
  3. Kak Mit, yang poin pertama solusinya puasa ngomong aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga sih ya, tapi kalo puasa ngomong juga agak susah sih. Soalnya kan kalo ketemu temen-temen masa diem aja nggak ngomong :p

      Delete
  4. Kak Mit, yang poin pertama solusinya puasa ngomong aja :D

    ReplyDelete
  5. Yang ngasih acara tantangan parah. Pas aku nggak megang tab lagi. Nggak bisa ikutan dah :v

    ReplyDelete
  6. Yg paling berat itu tuh dengerin orang yang ngomongin orang, trus jadi ikutan ngomongin,
    Dan ngantuk pastinya yg terberat, solusinya tidur 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, berat banget hahaha
      kadang jadi terpancing eh ikut-ikutan ngomongin jadinya padahal kan nggak berniat begitu ya :|


      Iya, kalo di rumah sih tidur paling cuman pas lagi di kampus, dengerin dosen terus ngantuk udahlah. Mata rasanya pengen diganjel pake apaan tau dah biar tetep melek :v

      Delete
  7. Itu temen yang rada kampret emang ada dimana2 yakk hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nop, bingung aku juga ahahaha
      kok bisa ada di mana-mana ya :v

      Delete
  8. Hahahahaa setuju ama Nova teman yg rada kampret emang selalu ada di mana-mana kaya kenangan akan mantan *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, kak :|
      Sudahkah bisa move on dari mantan? #eh

      hahaha

      Delete
  9. ngantuk. ngantuk asalnya karena malas. malas karena memang tidak bisa ngapa-ngapain(mau nulis atau berselancar juga terkendala listrik yg terbatas).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi bingung ya mesti ngelakuin kegiatan apa juga jadinya :|

      Delete
  10. Kalau kitanya gak ngomongin orang tapi nonton acara gosip gimana, ya? Hihihihi. Meski bulan puasa/hari raya, TV non stop ngmongin orang kayanya xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya hahaha
      Susah juga sih buat menghindar. Mungkin solusinya nggak nonton tv kali ya kak XD

      Delete

Hallo... Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya dan membaca postingan saya. Sempatkan untuk meninggalkan komentar ya, tapi tolong komentarnya jangan yang sekedar "buang komentar" aja padahal konteksnya nggak ada kaitannya sama sekali sama apa yang saya posting. Terserah curhat atau apapun itu, tapi saya akan sangat menghargai kalau kamu komen yang nyambung sama konteks dari apa yang saya tulis.
Oh iya, semua orang dapat mengomentari blog saya ada akun-akun pilihannya jadi kamu nggak perlu lagi buang link di komentar ya, Oke? :))

Semua yang telah komen, sebisa mungkin akan saya kunjungi balik jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi bilang "kunjungi balik ya"

Komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu, ini saya gunakan untuk menyaring spam. Jadi komentar yang saya anggap layak tentu akan lolos dari proses penyaringan. Terima kasih atas kerjasamanya!

Semoga betah mampir di blog saya :))

Like us on Facebook


PRchecker.info

Subscribe