Serunya ikutan Pemilihan Pertukaran Pemuda Antar Negara dan Provinsi Kota Bogor

23:22

Hallo! Apa kabar? Semoga sehat selalu ya. Aamiin! Udah lama ya gue nggak ngeshare cerita pengalaman nih di blog hahaha. Kali ini, gue bawa cerita pengalaman waktu ikut Pemilihan Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) dan Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) atau yang sekarang dikenal dengan nama Bhakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) pada 4-6 April 2015. Jujur aja gue ikut itu modal nekat doang dan awalnya emang rada terpaksa. Kenapa gue bilang rada terpaksa? Soalnya gue galaaau banget tuh, secara minim banget persiapan. Pas baca di persyaratan ada kata-kata “harus menguasai kesenian dan budaya lokal”. Deg! Yang ada dipikiran gue, “Elaaah Gue nggak bisa nari, nggak bisa nyinden atau apa.” Jiper duluan dong gue hahahahaha

Gue nanya-nanya ke kenalan-kenalan yang gue punya baik di komunitas maupun bukan komunitas tentang program pertukaran pemuda antar provinsi bener-bener minim info banget. Pada banyak yang nggak tau dong! Gue googling pun nggak membuahkan hasil. Gue makin galaaaaau, gue mesti gimana. Awalnya niat mau mundur aja karena ngerasa bener-bener nggak percaya diri deh. Tapi mungkin emang udah takdirnya gue buat ikut kali ya, jadi mau gimanapun jalannya, walau gimanapun galaunya toh ujung-ujungnya pun gue tetep ikut. Iya, pas konfirmasi terakhir H-3 tau-tau nama gue udah ditulis sama umi tanpa persetujuan gue hahahhaa dan ternyata enggak ada yang lain selain gue dan kedua temen gue. Mau enggak mau dong? Nama gue udah ditulis, dan gue masih galau hahahaha Sigit udah sewot aja katanya gue gak bisa mundur soalnya nama udah ditulis dan perwakilan dari kampus cuma bertiga aja hahaha

Pas hari rabu alias H-2 di kelas, papi dekan nanya, “mit, siap ikut ya?” | gue Cuma bisa bilang, “tapi, pak, saya minim persiapan.” Sambil melas sejadi-jadinya. Lalu, papi dekan bilang, “udah nggak apa-apa ikut aja. Itung-itung pengalaman”. Jadilah gue berangkat. Sampe H-1 pun gue masih GALAU! Gue cuma takut kalo bakal malu-maluin aja karena gue enggak bisa apa-apa, pikir gue. Tapi umi dan sigit terus ngedoktrin gue hahahaha dan mereka pun berhasil! AH, kalian memang teman yang kampret tapi aku sayang kaliaaaaaaaan :*


Hari H, hujan deras mengguyur Bogor siang itu. Sehabis mata kuliah, masih tetep galau antara pergi atau enggak apalagi pas si sigit bilang, “Diantara kita kayaknya enggak semuanya kepilih deh. Antara dua aja yang lolos atau salah satu dari kita aja yang lolos.” Dengan nada bicara yang terdengar horor. Gue rada merinding, gue membayangkan andaikan beneran kejadian begitu.
Dalem hati makin galau, karena kita dateng ke kampus bener-bener udah bawa gembolan banyak banget. Apalagi gue sama umi. HAHAHA Umi makin memperparah semua itu, “mit, kalo misal lu doang yang kepilih lo mau?” , tentu dengan lantang gue jawab, “Ya enggaklah. Pokoknya gue minta semuanya lolos, atuh pan katanya cuma kita perwakilannya kan?”
Mungkin sempet  salah nangkep atau salah tafsir sih soalnya pas si sigit di telepon nggak jelas gitu suaranya pihak rektor, jadi bikin kita menduga-duga sendiri.
Informasi yang simpang siur, pertama bilang katanya perwakilan kampus cuma kita bertiga doang tapi kok masa nggak lolos semuanya sih? Ditambah ngurus suratnya yang rada lama prosesnya, hari itu kita tetep berangkat meski kita udah tau kalo udah telat banyak yaiyalah di undangan aja check in harusnya jam satu hahahaha ditambah wiken Bogor macetnyaaaaaaaa kayak apaan tau dah. Yaudahlah ya~

Oh iya saking banyaknya gembolan dan riweuhnya gue bawa-bawa barang bawaan sampe banyak banget gitu gue pun nyeletuk, "etdah gue udah kayak mau ikut program Indonesia Mengajar aja yang pergi ke luar pulau. Bawaannya kayak mau pulang kampung."

Pada ngakak dong, umi apalagi lebih geli banget ngakaknya sampe-sampe ngecandid foto gue coba pas lagi jalan -___- 


kerjaan umi -___-
pada akhirnya sigit dan umi bersekongkol ngebully gue abis-abisan hahaha udah pake batik, bawa barang-barang banyaaaaak bangeeeet. Urat malu gue udah pegat kayaknya hahahaha diliatin orang ge bodo amat gue mah udah kepalang malu atuda, lanjutin weh~

Nyampe sana jam 16:00 WIB, untungnya acara ternyata belum dimulai. Kenalan sama salah satu temen baru, beda kampus gara-gara sigit yang SKSD duluan hahaha. Namanya Fadli, semester atas. Tapi anaknya asik, gampang akrab sama kita bertiga. Meskipun dia lebih tua dari kita bertiga tapi dia nggak sok-sokan nunjukin diri kalo dia itu senior hahaha Sempet ngobrol-ngobrol tuh. Pada akhirnya jadi akrab. Acara pun dimulai, pembukaan gitu sama perkenalan acara. Gue juga lupa acaranya apaan aja ya. Yang pasti gitu deh hahaha selesai acara kita bertiga nemuin panitia, karena telat kita jadi belum dapet kamar. Kata kakak panitianya suruh ngikutin seorang bapak yang enggak tau siapa namanya buat nunjukin dimanakah tempat kita bernaung untuk 2 hari ke depan. Dan dapetlah gue dan umi kamar dengan nomor 22!

Malamnya kita balik lagi ke lantai atas buat mendengarkan pengarahan, eh nggak disangka gue ketemu ucup hahahaha
ngobrol-ngobrol bentar sama ucup, secara udah setahun lebih kali ya gue gak ketemu sama dia. Terakhir yang abis backpackeran dari jogjakarta aja tuh.

Hari pertama berjalan biasa-biasa aja, soalnya masih merasa asing dan masih pada saling cuek maklum lah ya masih baru kali jadi perlu adaptasi. Berasa terdampar dimana gitu hahahaa gue juga.
Malem di hari pertama di Asrama, pada ribet nyiapin ini itu buat unjuk kabisa. Saat temen-temen sekamar nanya, “mau nampilin apa?” gue cuma bisa cengengesan doang karena emang nggak tau mau ngapain. Akhirnya prepare bertiga, rapat konspirasi buat nampilin unjuk kabisa esok hari hahahaha biar nggak ada persiapan tapi gitu-gitu kita nggak mau cuek juga, apalagi ada si umi miss perfectsionist udalah itu mah :p nyiapin ini-itu ampe jam 1 malem. Orang-orang di kamar udah pada tidur, gue sama umi masih bolak-balik ke luar kamar. Lahaullah weh~
Umi deui sok-sokan bilang, “mit muka lu tuh dapet banget kalo baca puisi, perlu dipoles dikit aja biar dapet ekspresinya.” Ada lagi umi bilang, “lu tuh logat sundanya dapet banget.”
Yaiyalah menurut L? Gue tinggal dimana, ampe bisa dapet banget ngomong pake logat sunda gini hahahahahha

Nah, hari kedua pagi-pagi udah pada latihan ini itu di kamar lah gue masih nyantai-nyantai aja hahahaha atuh gimana ya, bingung mau ngapain juga.
Cuma hari kedua ini nih yang lebih seru apalagi paska kita unjuk kabisa. Jadi kita nampilin sesuatu yang kita bisa dalam bidang kesenian maupun kebudayaan. Alhamdulillah, gue ketolong karena bisa berkelompok jadilah gue, sigit, umi nampilin puisi sunda gitu. Jangan tanya penampilan kita gimana ya hahaha yang jelas, lancarlah ya walaupun minim persiapan hahaha itu kita tampil sore, bok! Abisnya banyak banget pesertanya dan itu serasa nggak kelar-kelar saking banyaknya. Gue jadi mikir kesian yang tampil belakangan berasa kayak ajang pencarian bakat, udah prepare dari pagi atau bahkan udah lama tapi ternyata tampilnya mah malem :|
Iya, salwa—temen gue tampil terakhir dong. Kesian ih :( mental dia mah bener-bener kuat deh, salut. Udah mah cape, mana peserta sebelum dia bisa dibilang keren dan dipuji abis-abisan sama juri. Otomatis bikin beban mental tersendiri buat dia dong. Harusnya sih yang itu terakhir, jadi lebih pas timingnya sih. Itu salahnya sih sepele banget jadi si salwa pas namanya dipanggil lagi ke bawah ambil minum jadi weh di sekip.

Jujur, pas unjuk kabisa gue antara spechless sama makin minder HAHAHAHA GILAAAAAA! PADA JAGO-JAGO DAN KEREN-KEREN BANGEEET PENAMPILANNYA! Mana pada pede-pede pula! Meskipun ada yang gak prepare tapi mereka juga tetep tampil dan kasih perform yang kece. Kebanyakan yang baca puisi dan monolognya bikin kagum! Ekspresinya dapet banget! Anak teater mana anak teater, ajarin gue napaaaaaah hahahahha

Entah kenapa acara kemaren begitu menggugah sanubari gue hahahahaha Gue belajar banyak dari temen-temen baru, bisa tuker pengalaman dan pengetahuan juga. Ah, semoga gue bisa dan mampu kayak kalian yaaaa yang keren-keren bangeeeet gitu :”)

Oh iya, di acara itu juga punya banyak temen-temen baru. Ada Salwa, kak elis, bang kodir CS yang juga ternyata satu kampus tapi beda fakultas. Ada pak ustadz yang suka bikin suasana seru dan rame yang eksis banget doi karena dimana-mana selalu ada hahaha gilaaaa pas perform, bikin merinding! Nggak nyangka orang sekoplak dia bisa seserius itu hahahahha terus ada juga geng-geng rusuh yang selalu bikin suasana rame yang namanya gak bisa gue sebutin satu persatu. Ada vivi yang ternyata adek kelas di SMK. Hahahah dunia sempit, bok! XD
Ada juga dhina yang jago banget nulis dan baca aksara sundanya, dan ternyata bisa hangeul juga. EDAN! Ada kang fazmi juga yang pada akhirnya bikin gue gak keilangan kontek sama beberapa temen-temen alumni hahaha eksis banget dah si akang, ada emak pinky si koper ladies yang makin bikin suasana jadi rame dan seru! hahahahhahaha

Ada teh ami yang selalu bikin rame juga di kamar 22 dengan topik obrolan paginya di hari terakhir yang uuuuh cetar ulalala banget hahahaha padahal bahas tentang skripsi dia doang.
Dan temen-temen kamar nomor 22 yang nggak bisa disebutin satu-persatu namanya, kalian luar biasyaaaaa~ Ada juga farhan yang juga jago narinya, duuuuuuh banyak deh! Waktu yang singkat belum bisa bikin gue apal nama-nama kalian. Hapunten gaessssss, tapi tetep lope-lope <3

Selain itu acara kemaren bikin gue sadar, ya walaupun gue bukan lahir di Bogor tapi gue udah lama banget numpang tinggal dan besar di Kota ini. Bertahun-tahun nyatanya gue belum bisa kenal sama kota ini seutuhnya, gue merasa maluuuuuuuuuuu saat pengetahuan gue akan kota ini masih minim! Gue hanya sekedar tau, tapi enggak mau nyari tau lebih lanjut. Itu salahnya. Acara kemaren bikin gue tertampar akan banyak hal, ah, pokoknya keren lah! Bisa ada di tengah-tengah kalian yang luar biasa, becengkrama sama kalian, ngobrol sama kalian, ketawa bareng sama kalian, berbagi kamar sama kalian, berbagi kenangan dan cerita bareng kalian. AH POKOKNYA KEREN! :”)

Dan ini momen kemesraan kami pada malam terakhir di Asrama (Minggu, 04 April 2015)



Harusnya kemaren pas penutupan kita saling nyanyi “Ingatlah hari ini-nya project pop” nih hahahahaha eh iya banyak yang udah pada pulang duluan juga sih karena UTS, sayangnya gitu jadi kurang gimana yah. Asa kurang dapet kesan terakhirnya gitu sih karena sepi. Palingan tinggal 50 orangan deh sisanya udah pada pulang duluan.

Saat mau pulang dan melangkah keluar, gue sempet ngerasa sedih dan berat banget ninggalin tempat itu dan pisah sama mereka. Awalnya asing dan cuek, tapi begitu udah mulai ngerasa nyaman dan akrab kenapa harus pisah sih? :”)

Momen kemesraan di hari terakhir (6 April 2015)
wefie tanpa tongsis adalah sebaik-baiknya wefie karena dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah hahaha
pada pamer sertifikat ciyeeee hahahaha

Oh iya mungkin banyak yang bertanya-tanya dan menyangka gue lolos, tapi gue anggap itu sebagai doa aja. Kenyataannya adalah tahun ini  gue gak lolos melihat kesiapan gue yang nyatanya jauh dari kata layak hahahaha, tapi belajar dari pengalaman semoga kalau toh suatu saat gue ikut lagi, gue lebih punya kesiapan yang udah lebih matang dari segi mental dan fisik juga keterampilan hahahaha gue ikut pun emang gak muluk-muluk sih, gue cuma mau nyari pengalaman, pengetahuan dan temen-temen baru tapi alesan ‘klasik’ macem itu nyatanya masih beneran gue rasain kok. Gue seneng bangeeeeeeet meski cape, bete, ngantuk, kurang tidur. Hahaha terbukti banget paska gue masuk kuliah lagi beberapa temen sempet rada aneh liat gue bahkan ada yang bilang, “mit, mukanya keliatan lelah banget.” Gue cuma nyengir sambil jawab, “iya kurang tidur hahaha”





Senang bisa mengenal kalian semua. Terima kasih banyak teman-teman alumnus Pemilihan Pertukaran Pelajar Antar Negara (PPAN) dan Bhakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) Kota Bogor 2015. Ah, semoga kita semua bisa ketemu dan kumpul lagi di lain kesempatan ya, gaes! Sukses ya buat kita semua. Aamiin :)

Terima kasih juga kepada Bapak Dekan FISIB atas kesempatan yang udah diberikan dan dipercayakan kepada saya khususnya. Terima kasih juga kepada bapak walikota
dan wakil walkot Kota Bogor, bapak-ibu dari Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Kota Bogor, Para Dewan Juri dan pemateri pembekalan, Panitia, kakak-kakak alumni dan semuanya atas kesempatan dan pengalaman luar biasa yang udah diberikan kepada kami para putra dan putri di Kota Bogor untuk ikut serta dalam acara sekeren ini. :*

You Might Also Like

19 comments

  1. ka mimith senang bgt tuh kayaknya ya ka :) , oh iya kakak kuliah dimana? hehe btw ini monika yang duluuuuuu bgt kenalan di mxit^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mon, apa kabar?

      Kita temenan di fb kan? Di akun fbku ada info tentang aku kuliah dimana kok :)

      Iya seneng bangeeeeeet dong, pengalaman pertama soalnya hahahhaa

      Delete
  2. Harus menguasai buaya lokal? Gimana caranya???? Becanda.... Haha... Tuh di paragraf 1.
    Penasaran dgn puisi Sunda. Pengen liat nih. Hihi. Ada videonya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. AAAAAAAK TIDAAAAAAAAAAAAK TYPOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO :O

      Ah, untung bu susi ngingetin HAHAHAHAHA

      Nggak tau ada yang ngerekam atau enggak, bu. Banyakannya sih foto-foto narsis aja hahaha

      Delete
  3. Wah kayaknya menyenangkan banget yah, Mit. Jadi kebawa euforianya. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nuell memang menyenangkan banget. :))
      Mungkin lo juga harus cobain ikutan ini :p

      Delete
  4. Waaaahhhh, keren banget!
    gue tinggal di Bogor tapi kagak tau ada beginian, parah banget ya! hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga baru tau dan langsung ikut hahahaha
      mungkin taun depan, lu bisa coba juga :))

      Delete
  5. wah keren banget, tapi sayang belum lolos ya.. ini acara ada tiap tahun? salam kenal ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya melihat ketidaksiapannya sih, nggak ngerasa kecewa atau sedih. Tapi tetep seneng karena bisa punya pengalaman sekeren ini. Iya tiap taun.

      Salam kenal juga ya :D

      Delete
  6. woaaaa :o
    tetep semangat kakak meskipun tidak terpilih lagi XD
    dan bener tuh pengalaman gak ada duanya emang.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak terpilih "lagi"?
      Gue baru ikutan ini pertama kali, loh! hahaha

      Iya, pengalaman yang keren banget!! :D

      Delete
  7. ada juga ya yg kasi kesempatan tukar pelajar..antar negara lg, moga2 lain waktu kesampaian ya mith

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada, aku juga baru tau.

      Aamiin! Semoga lain waktu aku bisa lolos :))

      Delete
  8. Tahun depan ikut lagi gih mit. Sapa tau bisa ke luar negeri. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Da!

      Semoga tahun depan bisa ikutan ini lagi dan lolos hahahaha

      Delete
  9. BOGOR.! :D
    kapan-kapan pengen ke bogor ah... :D
    tempat wisata alam bogor paleng bagus apaan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mas, ke Bogor!

      Kebanyakan sih curug paling. Atau ada yang murah dan dekat dengan pusat kota ada Kebun Raya Bogor.

      Puncak,dan beberapa gunung di sekitaran bogor juga ada. :))

      Delete
  10. Seru ya, dulu pas masih kuliah, enggak kepikiran ikut beginian sih -__-*

    ReplyDelete

Hallo... Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya dan membaca postingan saya. Sempatkan untuk meninggalkan komentar ya, tapi tolong komentarnya jangan yang sekedar "buang komentar" aja padahal konteksnya nggak ada kaitannya sama sekali sama apa yang saya posting. Terserah curhat atau apapun itu, tapi saya akan sangat menghargai kalau kamu komen yang nyambung sama konteks dari apa yang saya tulis.
Oh iya, semua orang dapat mengomentari blog saya ada akun-akun pilihannya jadi kamu nggak perlu lagi buang link di komentar ya, Oke? :))

Semua yang telah komen, sebisa mungkin akan saya kunjungi balik jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi bilang "kunjungi balik ya"

Komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu, ini saya gunakan untuk menyaring spam. Jadi komentar yang saya anggap layak tentu akan lolos dari proses penyaringan. Terima kasih atas kerjasamanya!

Semoga betah mampir di blog saya :))

Like us on Facebook


PRchecker.info

Subscribe