Tips Belanja Buku

15:00

Sebagai seorang dengan intensitas membaca yang lumayan, saya kadang suka kepo sama perkembangan dunia perbukuan. Alhasil, sering googling sana-sini hingga berujung pada semakin banyaknya tumpukan book-wishlist yang saya punya. 
Bagi teman-teman yang masih suka ngerasa bingung saat akan belanja buku, kali ini saya mau kasih tips gimana sih belanja buku yang baik versi saya. Biasanya ini yang saya gunakan buat diri saya sendiri sih tapi nggak ada salahnya juga di share, siapa tau bermanfaat. 




Pertama, jika saya tertarik pada suatu buku atau lumayan 'kemakan' sama promosi sebuah buku dan bikin saya "PENGEN BACA BANGET" biasanya yang saya lakukan adalah mencari sebanyak mungkin informasi yang bisa saya dapatkan dan kumpulkan, biasanya saya buka toko-toko buku online dan melihat sinopsis dan juga harganya lalu setelah saya berhasil mendapatkannya sebisa mungkin saya googling tentang review maupun resensi dari buku yang menarik minat saya. Ini berguna banget bagi saya, saya jadi tahu bagaimana tanggapan orang lain atas buku ini dan sehingga saya tidak merasa "beli kucing dalam karung". Iya, kadang kan banyak tuh buku yang bikin kita berekspetasi kepalang tinggi terus pas kita punya dan kita baca eeeeh ternyata mengecewakan banget.  Akhirnya bikin kita nggak percaya lagi. Kan rada gimana gitu ya. hehehe

Oh iya, mencari-cari info tentang review/resensi buku membuat kita jadi lebih selektif, ya... mencegah kita kalap juga sih. Karena saking pengennya, terus kita jadi lupa. Beli semua buku yang sebenernya belum penting-penting banget buat kita dan pada akhirnya bikin dompet kita nangis hahaha

Tapi, saat mencari review/resensi tentang sebuah buku siap-siap aja kuat mental ya, karena beberapa kali saya menemukan review-review yang menjurus ke spoiler alhasil saya malah gregetan sendiri hahaha saya termasuk orang yang nggak bisa dan nggak terima spoiler karena bisa bikin mood baca saya terganggu. Sehingga saya jadi mikir, "sial! buku yang pengen gue baca, aaaaaaaah kenapaaaaaaaaaaa dibocorin. aaaaaaaaaaah kenapaaaaaaaaaaaa idung voldermort nyungsep."

Kedua, setelah baca review/resensi buku yang diinginkan biasanya saya kembali mengecek-ngecek harga di berbagai online shop, buat perbandingan aja sih. Terus saya juga cari-cari info online shop apa yang terpercaya dan recomended buat beli online. Beli online berguna banget bagi kamu yang mungkin di daerah tinggalnya belum tersedia toko buku atau sudah ada toko buku tapi buku-bukunya yang dijual belum lengkap? Bisa jadi alternatif juga. Dan, saya doakan semoga segera ada toko buku yang memadai di daerahmu ya. Aamiin

Sebenernya, tempat dimana saya tinggal masih ada beberapa toko buku dengan koleksi buku yang memadai tapi malahan saya jarang-jarang beli langsung di toko buku. Saya malah lebih suka beli online, selain harganya yang dapat diskon! (Aku cinta diskonan huehehe!)
ya walau kadang lumayan nyesek sama ongkos kirimnya sih karena ongkos kirim dihitung dari beratnya, sehingga kalau semakin banyak yaaa semakin berat apalagi untuk buku-buku tebal tapi entah kenapa saya tetep aja suka. 

Ketiga, rajin-rajinlah menyambangi situs website online shop yang jual buku. Karena kadangkala suka ada promo-promo menggiurkan yang ditawarkan. Ya, siapa tau aja buku inceran yang udah lama pengen banget kamu baca ternyata ada dalam daftar promonya kan lumayan.  
Kapan hari terakhir saya dapat beli buku inceran yang sudah beratus-ratus tahun lamanya jadi inceran saya (oke, ini berlebihan haha) dari promo akhir tahun yang ada di salah satu online shop. Lumayan, 100rb dapat empat buku udah termasuk ongkos kirim pula. Coba kalau di toko buku biasa mana dapat 100rb kecuali kalau di toko bukunya juga lagi ngadain promo sih :))
Biasanya promo-promo gitu suka ada pas hari-hari besar (libur) kayak Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. CMIIW

Oh iya, buat yang suka belanja di toko buku langsung pun. Rajin-rajinlah cari info karena di toko-toko buku (nyata) biasanya juga suka ada promo buku murah. Tapi sayangnya, saya selalu ketinggalan infonya sih. Dan tahunya pas promo itu udah berakhir. Hahahaha

Keempat, Ikutan grup jual-beli buku/novel. Ya buat sekedar update sama perkembangan perjual-belian buku/novel aja, disana juga kadang ada info-info penjual mana yang recommended mana yang bermasalah. Dan, sebenernya ini belum pernah saya lakuin sih, tapi temen saya pernah menyarankan dan juga doi sering ngelakuin. Yup, beli buku/novel second bisa jadi salah satu alternatif loh, biasanya harganya bisa jauh lebih murah yaiyalah second atuda :)) daripada beli terus mahal kan? Mending second toh masih bisa dibaca isinya. Dan yang penting kan isinya bukan? :D
Tapi, saya pribadi belum pernah beli buku/novel second, tapi pernah mengalami beli novel baru (diskon sih emang) di onlen shop yang entah karena kelamaan disimpen di gudang kaliya jadinya kertasnya menguning parah, berasa kayak buku second padahal baru :( *tjurhat*
Kenapa saya belum tertarik sama buku second? Begini, saya itu orangnya skeptisan. Selain saya suka aroma buku baru saat kita pertama kali buka plastiknya, saya juga kadang suka ngerasa ada yang ngeganjel gitu kalau beli second, bukan berarti nggak bagus ya. Mungkin soal "kepuasan" aja sih. Sebagai pembeli tentu saya mencari sebuah "kepuasan" bathin dari apa yang saya beli, begitu. Karena beda pasti rasanya antara baru dan second, no offense ya :))
Tapi buat kamu yang nggak terlalu mempedulikan antara baru atau second yang penting isi, tentu saja ini bisa dan patut sekali kamu coba. Lumayan, itung-itung bisa ngirit :))

Kelima, Mungkin buat kamu yang sudah kerja atau telah punya penghasilan sendiri membeli buku sebuah hal yang biasa. Nggak terlalu nyesek kalau ngeluarin uangnya. Tapi, bagi kamu yang masih sekolah atau kuliah dan belum punya penghasilan sendiri tentu nabung harus masuk dalam tips belanja buku sih hahaha ya, gimana mau kebeli bukunya kalau nggak ada uangnya kan? :p
Tapi, percayalah, kalau kamu memang niat tentu bisa terwujud kok. Jadi, mari nabung! :)

Dan yang paling penting sih. 
Dapat buku inceran emang sangat membahagiakan, tapi yang patut kamu ingat adalah jangan karena kamu udah ngebet banget baca buku inceran, kamu jadi abai terhadap kepentingan-kepentingan lain. Utamakan kepentingan yang harus didahulukan terlebih dahulu, biasanya kebutuhan-kebutuhan primier. 
Sedangkan buku, bisa dibilang masuk kedalam kebutuhan sekunder atau tersier. 

Oh iya, Biasanya saya beli buku sebagai bentuk hadiah untuk diri sendiri, karena telah berhasil mencapai sesuatu atau karena memang sudah waktunya beli. Jadi, begitu kebeli tentu saya merasa sangat bahagia. Nggak ada yang paling membahagiakan selain pegang buku inceran, membuka plastik segelnya terus menghirup aroma buku baru dan tentu membacanya~ Ahh.... Saya cinta wangi aroma buku baru hahaha

Terima kasih sudah membaca, semoga tips ini bermanfaat ya! :)


You Might Also Like

15 comments

  1. oke juga sih tapi saya belum pernah beli online, biasanya ke toko buku, emang gak tiap hari dapet diskon tapi ada ko tempat buku yang khusus diskonan, kalau beruntung bisa dapet novel yang lumayan tebel cuma 10.000 an,, :D
    btw saya sih lebih seneng bau buku lama yang jadul,, kesannya klasik gitu,,, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin, sekali-kali bisa dicoba :))

      Iya, itu juga aromanya enak. Tapi kadang terlalu menyengat sih kalau aroma buku lama tuh :D
      Saya malah jarang apdet buku diskonan di toko buku hahaha lagipula jarang2 juga sih ada disokonan di toko buku langganan tuh :|

      Delete
  2. yapp, promosi buku itu ada2 aja. yang penting, kita nggak boleh sampe kemakan sama tipu muslihatnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap, kadang-kadang promosinya terlalu berlebihan. Kalau bukunya bagus sih gak apa-apa kalo nggak bagus kan agak gimana gitu ya hahaha

      Delete
  3. Tumben main-main kesini, header blog udah ganti aja kak :3 hehe.
    Kalo aku sih paling suka belanja buku langsung di toko-nya, keuntungan utamanya sih kadang-kadang bisa ngeliat cewek cantik lagi belanja, terus nggak lama nunggu dapetinnya, biasa kalo ngirim ke lombok itu satu minggu, lama banget kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kayaknya sih memang standarnya segitu paling lama hahaha

      Iya, kamu mah sekalian modus kan XD
      jadi, tujuan utama kamu mau beli buku atau liat cewe cantik kalo ke toko buku? hahaha

      Delete
  4. Tumben main-main kesini, header blog udah ganti aja kak :3 hehe.
    Kalo aku sih paling suka belanja buku langsung di toko-nya, keuntungan utamanya sih kadang-kadang bisa ngeliat cewek cantik lagi belanja, terus nggak lama nunggu dapetinnya, biasa kalo ngirim ke lombok itu satu minggu, lama banget kan

    ReplyDelete
  5. lain kali ikutin tipsnya ah :))

    ReplyDelete
  6. Rajin berkunjung ke toko buku, termasuk ke toko buku online itu penting ya, Mbak, hehe...
    Sebagai orang yang juga suka baca, saya sangat setujuuu.
    Silakan berkunjung ke Kedai kang Azzet juga ya, Mbak, lho ujungnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, mas. Makasih kunjungannya.

      Iya, lumayan penting sih hahaha biar tetep apdet sama perkembangan perbukuan yang semakin hari semakin pesat :D

      Delete
  7. Maaksih tipsnya ya mak,...bukan sulit atau segan beli buku...saat ini justru lg males baca buku. huhuhuu...padahal dulu saya gila banget baca, apa aja saya baca :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, sama-sama. Saya juga pernah ada di fase kayak gitu hahaha sering malah. Tapi tahun ini sengaja bikin target sendiri untuk baca lebih banyak buku karena.... *melirik ke timbunan buku* :D

      Semoga malasnya lekas hilang ya, mak :)

      Delete
  8. Sama Aroma hujan lebih menenangkan yang mana?? :D

    Kalo aku sendiri sih misal pengen dapet buku nunggu dulu voucer dari kampus turun. #Gratisss Mau beli makai uang sendiri masih mikir2.whehe. Pernah sih beli, waktu dulu writer's block melanda. Btw, buku inceranmu apaan?? #penasaran

    ReplyDelete
  9. Aku jarang sih pergi beli buku apalagi belanja buku online.. sukanya minjem novel dari temen/perpus

    ReplyDelete

Hallo... Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya dan membaca postingan saya. Sempatkan untuk meninggalkan komentar ya, tapi tolong komentarnya jangan yang sekedar "buang komentar" aja padahal konteksnya nggak ada kaitannya sama sekali sama apa yang saya posting. Terserah curhat atau apapun itu, tapi saya akan sangat menghargai kalau kamu komen yang nyambung sama konteks dari apa yang saya tulis.
Oh iya, semua orang dapat mengomentari blog saya ada akun-akun pilihannya jadi kamu nggak perlu lagi buang link di komentar ya, Oke? :))

Semua yang telah komen, sebisa mungkin akan saya kunjungi balik jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi bilang "kunjungi balik ya"

Komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu, ini saya gunakan untuk menyaring spam. Jadi komentar yang saya anggap layak tentu akan lolos dari proses penyaringan. Terima kasih atas kerjasamanya!

Semoga betah mampir di blog saya :))

Like us on Facebook


PRchecker.info

Subscribe