Masa Depan?

10:39

Hallo, hallo~~ Selamat tahun baru 2015 yaa... Semoga semua yang baik-baik selalu menyertai kita semuanya. Aamiin :)


Sebenernya, hal ini lumayan bikin aku merenung sih dan pengen banget segera aku tulis dan aku ceritakan kepada kalian disini. Ya, buat jadi bahan pembelajaran bersama aja sih.

Beberapa hari yang lalu aku nemenin ibu belanja ke Pasar. Sekalian mampir dulu ke suatu tempat karena aku ada urusan sedikit. Tidak ada yang spesial, tapi tunggu dulu.... Ada hal menarik yang akhirnya bikin aku mikir. Saat melihat para penjual di Pasar. Kios jualan mereka saling berdekatan bahkan tak sedikit yang menjual dagangan yang sama. Mereka saling promosi, setiap ada yang lewat pasti mereka menawarkan produk mereka agar dilirik pembeli. Kios-kios itu pasti ada pengujungnya, semua seakan rata dan tentu setiap kios memiliki rejekinya masing-masing.
Saat menyaksikan hal itu, tiba-tiba perasaan aneh muncul dalam pikiran dan hatiku. Dan akhirnya muncul sebuah pertanyaan dalam diriku, "APA MEREKA TAU, BAGAIMANA MASA DEPAN MEREKA? DAN AKAN SEPERTI APA HARI ESOK BAGI MEREKA?"

Kemudian aku tersenyum kecil, bagian lain dari diriku berkata, "Mereka tentu sama halnya denganku, dengan yang lainnya. Kita--manusia tidak tau akan seperti apa masa depan kita, akan seperti
apa hari esok. Toh, yang mereka lakukan yang mereka tunjukan adalah melakukan yang terbaik untuk hari ini. Mereka berusaha keras agar apa yang mereka jual bisa laku, agar entah esok atau seterusnya mereka tetap bisa berjualan untuk tetap melanjutkan hidup mereka. Mereka tidak takut. Mereka seakan percaya bahwa rejeki sudah ada yang mengaturnya."

Yup, mungkin bukan hanya aku saja yang takut akan seperti apa masa depan yang akan kujalani nanti. Terlalu memikirkan masa depan pun bisa membuatku lupa apa yang seharusnya aku jalani. Masa sekarang, masa dimana aku harusnya melakukan apapun hal terbaik yang bisa aku lakukan saat ini. Melakukan hal terbaik di masa sekarang bukan berarti aku abai akan masa depan, tapi bukan berarti aku harus merasa takut berlebih akan masa depan. Apapun yang kupilih nanti, apapun yang akan kujalani nanti biarlah itu tetap menjadi misteri. Yang perlu kulakukan hanya tetap terus berjalan dan melakukan apapun hal terbaik yang bisa kulakukan di masa sekarang ini :)
Jangan biarkan ketakutan itu malahan jadi penghambat untuk kamu melakukan hal yang terbaik di masa sekarang dan menghambat kamu untuk meraih masa depan. Tuhan, sudah mengatur rejeki umat-Nya masing-masing. Tinggal bagaimana dirimu. Sejauh mana usahamu itu di masa sekarang yang tentu akan menentukan masa depanmu :)

Ah, terima kasih, Allah--Tuhanku yang telah memberiku sesuatu yang berharga lewat mereka. Semoga rejeki mereka selalu lancar.


Bagi kalian--siapapun yang merasakan hal sama denganku, masihkah kau takut dengan masa depanmu?

You Might Also Like

8 comments

  1. Bagaimana kita dimasa depan tergantung bagaimana kita mempersiapkan masa depan itu. Eh, tapi benar, jangan terlalu jadi beban juga. Hehe...

    Nikmati saja masa kini. Tapi tentu dengan tidak melupakan masa depan yang akan datang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Nur. Mempersiapkan dan jangan takut untuk melangkah maju ke depan. Makasih udah mampir ya :)

      Delete
  2. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    ReplyDelete
  3. Tentu tidak takut, kalo gue, menekuni kemampuan dulu agar dapat melihat sejauh mana masa depan itu terlihat cerah dengan berkarya sebanyak mungkin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mempersiapkan, dan berusaha melakukan yang terbaik. :D

      Delete
  4. blognya bagus, terutama artikelnya dan selalu update. aku suka mampir di sini. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, makasih ya udah berkunjung. Semoga betah :))

      Delete

Hallo... Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya dan membaca postingan saya. Sempatkan untuk meninggalkan komentar ya, tapi tolong komentarnya jangan yang sekedar "buang komentar" aja padahal konteksnya nggak ada kaitannya sama sekali sama apa yang saya posting. Terserah curhat atau apapun itu, tapi saya akan sangat menghargai kalau kamu komen yang nyambung sama konteks dari apa yang saya tulis.
Oh iya, semua orang dapat mengomentari blog saya ada akun-akun pilihannya jadi kamu nggak perlu lagi buang link di komentar ya, Oke? :))

Semua yang telah komen, sebisa mungkin akan saya kunjungi balik jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi bilang "kunjungi balik ya"

Komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu, ini saya gunakan untuk menyaring spam. Jadi komentar yang saya anggap layak tentu akan lolos dari proses penyaringan. Terima kasih atas kerjasamanya!

Semoga betah mampir di blog saya :))

Like us on Facebook


PRchecker.info

Subscribe