Lost In Bekasi : Mengejar Narasumber

17:48

Hallo! Gue mau cerita pengalaman gue nih. Setelah sekian lama akhirnya gue jadi bolang. Iya, bukan bocah petualang. Tapi bocah ilang hahaha! Pengalaman yang--entahlah absurd tapi berkesan.

Tanggal 5 januari 2015 kemaren, gue bareng temen-temen abis balik kuliah niat menemui seniman tari topeng betawi, ya apalagi? Kalo bukan buat tuntutan tugas komunikasi bina seni dan budaya karena kita bakal bikin dokumenter. Bermodal alamat sekedarnya kita pede-pede aja mengarungi jalan raya jakarta bogor dengan miniarta Bogor-Kp.Rambutan. Kita Otw dari jam 1-an siang lah, kata aun tujuan kita ke perempatan cibubur. Nggak lupa kita bilang ke keneknya soalnya kita juga gak tau itu dimana kan XD di perjalanan gue pun sempet tidur hahaha asli gue kalo tiap perjalanan naik bis/miniarta sekalipun bawaannya ngaaantuk banget ketambah gue emang kurang tidur :D pas udah mulai ngerasa bosen. Pegel, pengap, panas ngelekep jam udah menunjukan waktu jam 2-an siang tp kok belum nyampe-nyampe juga. Cimanggis udah lewat tapi kok belum nyampe-nyampe sih, terus gang nangka juga udah lewat gue berinisiatif buat bilang. "Un, coba tanya masih jauh gak?"
Aun :"nur coba tanya ke abangnya?"
Nur : "nanya apa?"
Gue :" 'perempatan cibubur msh jauh gak?' gitu"
Nur:"bang, perempatan cibubur msh jauh gak?"

Abang kenek: "wuuuh msh jauh. Sejaman lagi lah,  udah pd tidur lg aja."
Kita : " hah? Masih jauuh?"
Terus sepanjang perjalanan menuju perempatan cibubur entah gimana awalnya sampe akhirnya kita malah jadi ngobrol dan bercanda-canda sama abang keneknya hahaha dari awalnya dia nanya kita kuliah dimana, semester berapa, terus dia bilang, "gue juga kuliah. Perhubungan. Jurusan Bogor-kp.rambutan tapi." akhirnya kita ngakak. Terus segala gue dibilang mirip aun coba hahahaha
"Lu berdua mirip. Kakak ade ya?"
"Ngarang aja lu bang."
"Eh bener, tuh kalo lagi ketawa mirip."

Nur:"masa kakak-ade satu angkatan kuliah bang, ngaco aja hahahaha"
"Tau tuh hahaha"
Abang keneknya cengar-cengir aja.
Hening....
Nggak lama, "ih beneran mirip dah. Tuh liat dah."
"Yaelaaah masih aja -_-"
Dia ngmg ke temennya yg botak trs duduk di blkg kursi yg gue dudukin, "Beneran mirip, coba lu liat dah."
Terus si abang botak ngeliat gue sm aun, "ih iya mirip."

"Mirip dari mana dah. Hahahaha." 
Terus pada ngakak tuh. 
Gak lama umi nanya, "bang kalo gang kenanga kemana sih?"
"Nih ya, entar dari perempatan cibubur lu pada naik angkot ke arah dalem warna merah." 
"Oh iya ya ya."

Gak lama, "Ayo lu pada turun, perempatan cibubur nih."

Dengan sigap sambil masih cengo kita turun. Dan koplaknya kita masih harus jalan dulu dikit abis itu nyebrang. Mana yang namanya trotoar itu gak ada, iya, trotoarnya malah kepake parkir mobil. Alhasil kita harus jalan dempet-dempetan bahkan jarak kita jalan sama pengendara motor yang suka srudak-sruduk deket banget. Semacam gak ada jalan. Jadi kita jalan di pinggir jalan. Koplaaaknya adalah bukannya di deket situ dituruninnya sama si abang kenek eeh malah lumayan jauh banget. Hahahaha ribet kali kalo di pas lampu merahnya banget mah. 

Gue : "lucu kali ya mi kalo pas pulangnya kita naik miniarta dan keneknya si abang itu lagi."
Umi : "paling sama dia lagi kayaknya sih haha"
Gue : "dukun banget lu haha"

Gak lama kita nyebrang, dan pas ada angkot merah, "bang, ke gang kenanga gak?"  | "iya."
Gue kira deket ya, taunyaaaa ya allah jauuuuh bangeeeet.
Pas udah jalan jauh, si abang angkotnya ngerem mendadak, "pada mau turun dimana tadi?"
"Gang kenanga."
"Yaallah, kelewatan. Tadi tuh pas sebelum tanjakan." 
Gak lama kita turun dan masih harus jalan lagi.

Nanya ke orang dan ketemulah gang kenanga.  Dari situ bingung lagi nanya ke ibu-ibu warung alamat gang kenanga RT 06/RW 07 katanya gak ada RW 07 kalo RTnya sih ada, tapi kita kekeuh bilang iya kok itu alamatnya. Akhirnya disuruh jalan terus ngikutin jalan. Udah jauuh kita kehilangan arah, nanya sana sini tapi gak membuahkan hasil. Akhirnya kita balik lagi, terus ada warung. Ibu-ibu lagi pada nongkrong disitu dan nanyalah kita. Taunya ada ibu RT daerah situ, dia bilang,"kebetulan saya RT disini, RW 07 tuh gak ada. Disini mentok cuma sampe 06."
Kita saling pandang-pandangan, "bener kok alamatnya."
"Emang nyari siapa?"
"Andi topeng, yang suka ngajar nari topeng."
"Gak ada kayaknya nama Andi, Kalo disitu ada topeng tapi namanya Mardi."

"Mardi?"
"Iya, nih kalian luruuuus aja terus ampe keluar jalan. Terus turun, nanjak nah disitu. Jauh banget sih. Tapi rame-rame ini, gak kerasa kali."
"Nanti nanya org aja bilang yayasan."

Glek! 
"Oh iya bu, makasih ya."

kita ngikutin saran ibu-ibu yang kita tanya itu. Dengan tetep nanya sekali ke bapak-bapak yang juga lagi pada nongkrong di warung.
Singkat cerita kita menyusuri jalan
Sesuai dengan arahan ibu-ibu di warung. Jalannya itu jauuuuuuuh bangeeeeeet. Jangan mimpi bakalan ada angkot yang lewat dah.

Umi sibuk ngalay, ngerekam-rekam video pake camdignya. 
Sementara gue, nur, aun berasa udah kusut banget dah mukanya.

Gak lama, kita nemuin tugu "selamat datang di kota bekasi"
Glek! 
"Mi, kita di bekasi nih??? Jadi kita udah jalan sejauh ini????"

"Ha? Iya yah hahaha"
"Gak nyangka gue hahaha"
"Apalagi gue mi."
"Iya gue inget banget lu bilang bekasi itu jauuh banget."
"Lah emang iya, orang dari stasiun kota aja masih naik kereta lagi."
"Nah kan gue bilang apa pusatnya tari topeng tuh bekasi."
"Iya kali mi hahahaha"

Skip skip skip
Nanya lagi ke orang, terus dia bilang, "disebelah sana tuh. Toko kaset."
Kita saling tatapan lagi. Gak lama kita ngangguk-ngangguk aja setelah itu kita jalan lagi.
"Kok toko kaset?"
Pada saling berspekulasi tuh hahaha

Ada toko kaset dan memang ada plang "tari topeng" tapi kok buat pernikahan. Disitu kita udah gak tau lagi. Udah cape, bingung. Akhirnya kita duduk di bale rotan gitu depan toko yang kebetulan lagi tutup.
Gue : "Jangan bilang kita salah lagi?"
Umi : "Coba sms bang andi dah."
Nur sms tuh isinya, "bang kita udah di depan toko kaset bang andi."

Di bales, "toko kaset mana?"

Nah disitu, kita bingung. Bang andi katanya udah nyampe tol cibinong tapi seakan-akan doi gak tau posisi kita, aneh banget kan. Sambil nur sms. Gue mengeluarkan nasi uduk yang dibeliin bapak gue pagi tadi tapi belum sempet gue makan. Sementara aun juga ngeluarin bekelnya. Makanlah gue sama Aun, umi juga ikut makan. Kecuali nur. Dia ditawarin makan gamaueun. Mungkin nur lelah~
Gatau karena udah gak ngerti, dan hopeless atau juga karena kesel akhirnya bang andi nyuruh kita telepon. Daaaaan....
Doi ngomong dengan nada tinggi, kayak orang marah-marah, pada paoper-oper telepon, kecuali gue sih toh gue pun emang gak bakal mau kalo emang tuh telepon dikasih ke gue XD
Kita rada shock sih, udah mah nyasar, cape, eeeeh....kena damprat pula.
Nah ada clue baru yang kita dapet "Pasar Cisalak." dan "cimanggis"

Yaampuuuuuun kita salaaaaaaaaaaaaaah ternyata. Setau gue pasar cisalak itu masih di cimanggis lah kita ampe nyasar ke bekasi segala jauuuh banget. Akhirnya dengan udah cape, kesel, campur aduk lah kita menyusuri balik ke arah kemana kita dateng. 
Akhirnya kita nyari masjid atau mushola soalnya umi dan aun mau solat sambil kita istirahat juga.

Singkat cerita, di angkot gue sms bapak gue, soalnya hp geter-geter mulu, bapak gue telepon tapi nggak gue angkat-angkat. Terus sambil niat nanya sodara sama nyokap mana batre hpnya udah nyaris sekarat tinggal 40% lagi bok! 
Gue bbm sodara tapi low response, lalu gue off paket data. Ya, buat menghemat batre. Gak lama bapak gue telepon lagi. Gue angkat dan cuma "iya iya aja." soalnya gue keceplosan sms bilang kalo gue nyasar ampe bekasi. Terus seorang ibu yang duduk di sebrang gue dan umi  yang mungkin mengamati kita dari tadi langsung nyamber, "pasar cisalak ya? Mau dari mana emang berangkatnya?"


"Itu dari perempatan cibubur."
"Oh kalo dari situ lumayan deket."

Kita saling bisik-bisik, "Ongkosnya berapa nih?"
Ibu itu nyamber lagi, "biasanya sih ongkos 3ribu."
Gue, "wah tadi pas kita berangkat kena 5rb masa." 
Ibu itu, "iya biasanya sih 3rb."
"Iya, bbm juga udah turun lagian. Masa 5rb ya."
Umi ngasih kode ke gue supaya diem hahaha
Atuh gue mah gatel pengen ngomong, ya siapa tau aja abang angkotnya denger. Dikira kita sepolos itu apa ampe gak tau apa-apa hahaha

Sampelah kita di depan perempatan.
Gue : "Mari, bu." 
Terus kita turun. Gak lama ada miniarta daaan si abang itu lagi masa keneknya hahahaha jodoh banget sama tuh abang kenek dah kita.

"Laaah lu pada lagi." 
"Yoi bang. Salah coba kita hahaha. Salah alamat."
"Lah emang harusnya kemana?"
"Pasar cisalak. Deket gak sih?"
"Jauuuh itu. Ke daleman lagi aja. Bedirinya."
"Ongkos berapaan dah bang?"
"Empat ribu."
"Buseeet daaah bang, bbm juga udah turun."
"Iya tapi setoran gue kagak turun."
"Hahaha"
Nur ngasih dua puluh ribu.
"Jadi berapa sih ini?"
Gue : "4 bang, 16 rebu. Kembali 4rebu eh goceng bang hahaha"
Eh beneran dibalikin goceng coba hahahaha padahal gue asal jeblak aja itu.
Tapi gue yakin sih harusnya mah 3rebu doang itu ongkos, kampret emang XD 
"Lu pada jangan pulang malem-malem. Kagak ada angkutan entar. Kalo malem ongkosnya lebih mahal. Paling lu harus nyambung-nyambung angkot ampe bogor."

Buseeet dah -_-
Gak lama miniarta berenti. Abang keneknya turun. "Woy, mau turun kagak lu pada. Gang masjid nih."
"Lah?"
"Iya ini gang mesjid."

Hahahahaha pada cengo kita semua langsung deh tuh kita buru-buru turun. 
Lagiaaaan gak kasih kode atau apa yak hahahaha

"Makasih ya bang!" 
Akhirnya pisah tuh sama abang kenek itu hahaha

Pas nyebrang, pas mau masuk gang kita ragu.
"Perasaan disuruh naik ojek dah. Tapi mana ojek dah ini?"

Langsung nanya seorang bapak, abis itu dikasih tau. Katanya 200meteran lah. Buseeng. 
Kita jalan lagi tuh tuh, diatas pembatas jalan. Kanan kiri kita mobil pada jalan. Maghrib-maghrib hahahaha berasa bolang. Gak lama nanya lagi ke abang2 jualan. Jalan lagi dikit terus banyak tukang ojek terus nanya alamat, dan untungnya ada yang tau abang ojeknya. Tadinya kita mau tumpuk tiga jadi kena dua ojek aja. Tapi....
Aun : "gila tumpuk tiga, gak liat lu tas gue segede apa haha"

Gue :"udahlah mi satu-satu aja ojeknya." akhirnya satu-satu hahahaha
Daaan alhamdulilaaaaah nyampe juga gak pake nyasar lagi :')
Kita disuruh nunggu, ditanya-tanya kenapa bisa nyasar. Nyasar kemana hahaha
Tapi kalo dipikir-pikir lucu juga. Kita nyasar dan kebetulan banget nemu nama gang yang sama dengan alamat yang kita tuju.

Nggak lama, bang andi muncul. Mukanya tenang, gak kayak yang waktu tempo hari kita temuin di kampung betawi. 
Ngomongnya juga aluuuus banget. 
Biasanya "lo-gue" an lah ini "aku" gitu masa hahahaha agak aneh. Mungkin dia menyesuaikan juga sama kita. 
Tapi gue jadi mikir, jangan-jangan istrinya juga udah pesen kali ke bang andi 'nanti ngomongnya jangan nada tinggi, jangan dimarahin, kasian anak orang udah nyasar'

Hahahaha itu imajinasi gue sih, tapi entah kenapa gue malah mikirnya gitu masa.
Bang andi cerita tentang silsilah keluarganya dan tentu tari topeng itu sendiri, gue mendengarkan dengan seksama. Berasa lagi di dongengin. Umi sih yang nanya mulu, gue cuma beberapa kali nanya.
Akhirnya kita pamit pulang, terus memutuskan jalan kaki ampe depan gapura. Dan jalanan udah rada sepi. Jam menunjukan pukul 21.00, gue udah hopeless soalnya kan katanya miniarta kalo malem udah gak ada. Tapi kalopun ngeteng, nyambung-nyambung angkot ampe bogor berat di ongkos.
Setelah berunding, kita memutuskan untuk nunggu dulu. Bak gayung bersambut miniarta (terakhir) ada juga. Alhamdulillah. Tapi bener aja ongkosnya mahal banget 12 rebu sendiri tapi gak apa-apa dah daripada ngeteng, yang penting nyampe bogor. Soalnya badan udah lelah bangeet. Daaaan selamaaat!! Kita naik miniarta apa naik wahana di dufan ini teh -_- asli dah tuh abang sopirnya obsesi pembalap kali. Jarak yang tadinya dua jaman lebih lah paling ditempuh cuma sejam. 
Lumayan kita berdiri tapi akhirnya kosong dan kita berempat pada dapet tempat duduk juga. 
Singkat cerita, alhamdulillah kita pada nyampe rumah dengan selamat walaupun dengan badan yang lelah dan kaki pada sakit. Gue nyampe rumah jam 22.00 lewat dengan keadaan lepek, mata merah, badan serasa renyek, kaki pada sakit dan mata merah.


Hikmah :

"Malu bertanya sesat di Jalan, banyakan nanya itu tandanya tersesat di Jalan" #gagalquote
Lain kali, kudu bener-bener mastiin alamat selengkap-lengkapnya, jangan ampe jadi alamat palsu hahahaha
Harus selalu bawa uang pas, kena getok harga emang ngeselin tapi yaa... Anggap aja sodakoh. Toh, pengalaman yang didapet juga jauh lebih banyak daripada nominal-nominal yang udah kita keluarin itu.

1. Saat bang andi yang notabennya betawi ngomong dengan nada tinggi yang awalnya bikin kita kesel banget ya bayangin aja kita udah nyasar, cape eeeh kayak yang dimarahin di telepon pula tapi toh kita jadi belajar, mungkin emang gitu nada bicara dan logatnya. Tinggi nggak mesti tandanya marah kan? Atau mungkin bang andi nya juga lelah dan kita lebih lelah jadi ya emosinya gak stabil.

2. Saat berinteraksi sama abang kenek, abang angkot, ibu-ibu yang ditemui di jalan, bapak-bapak yang ditemui dijalan. Gue dapet pelajaran psikologi dalam realita. Gimana sorot mata mereka, gimana gerak tubuh mereka. Gue bisa aja gampang nebak apakah mereka bohong atau nggak. Tentu gue tau, abang-abang kenek dan abang angkot tau gue dan temen-temen bukan orang situ jadilah mereka seenak udel aja narik ongkosnya. Dan semua itu memperkaya pengetahuan dan pengalaman gue.
Intinya, belajar komunikasi lintas budaya dan psikologi dalam kenyataannya. Yang pastinya nggak bakal pernah gue temuin di ruang kelas perkuliahan.

You Might Also Like

17 comments

  1. Haha lain kali bawa peta bekasi biar gak tersesat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha
      Tapi peta bekasi kan dijual terpisah..

      Delete
    2. Boro-boro kepikiran peta, orang nyasarnya aja nggak disengaja :D

      Delete
  2. perjuangan banget nyari narasumbernya hihiihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mbak hehehehe
      belajar melatih kesabaran juga sih kayaknya nih :D

      Delete
  3. Aslinya saya jadi bergetar amat dengar ceritanya. Perjuangan teteh hebat banget lah samapi nyasar jauh-jauh ke bekasi. Petualangan epik kali ya :p
    Pada akhirnya, kita harus banyak nanya kali ya supaya gak nyasar :3
    Komunikasi pinter-pinter supaya gak diboongin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, Rhaka. Lama nggak bersua :)

      Iya, alhamdulillah banget. Pengalaman yang nggak bakal terlupakan! hehehe

      Delete
  4. malu bertanaya sesat di jalan :)
    bekasi memang sesuatu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tapi kebanyakan nanya tandanya tersesat di jalan hahaha

      Delete
  5. Kota bekasi emang membingungkan. Aku malah lebih paham jakarta daripada di bekasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagiku, baik jakarta ataupun bekasi sama-sama membingungkan hehehe

      Delete
  6. Replies
    1. Bukan, tapi belajar psikologi juga :D

      Delete
  7. Eh eh....ceritanya bagus banget, aku ampe membayangkan loh gimana serunya pas di angkot... e miniarta...hihihi...Sukses n salam kenal, btw aku juga dulu kul di Bogor jadi kebayang jauhnya bogor-jakarta-bekasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak, makasih ya udah mampir. Salam kenal juga :))

      Dulu kuliah dimana btw?

      Iya lumayan jauh itu segala nyasar hahahaha

      Delete
    2. Iya tertarik banget ama header blognya yang ijo unyuk unyuk gitu mit...hehehe,
      oh iya aku dulu kul di ipb, jd kurang lebih sedikit katam ama daerah bogor,

      Delete
  8. Jadi kakaknya nyasar di bekasi padahal nggak naik roket atau wahana luar angkasa lain.. hebat

    ReplyDelete

Hallo... Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya dan membaca postingan saya. Sempatkan untuk meninggalkan komentar ya, tapi tolong komentarnya jangan yang sekedar "buang komentar" aja padahal konteksnya nggak ada kaitannya sama sekali sama apa yang saya posting. Terserah curhat atau apapun itu, tapi saya akan sangat menghargai kalau kamu komen yang nyambung sama konteks dari apa yang saya tulis.
Oh iya, semua orang dapat mengomentari blog saya ada akun-akun pilihannya jadi kamu nggak perlu lagi buang link di komentar ya, Oke? :))

Semua yang telah komen, sebisa mungkin akan saya kunjungi balik jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi bilang "kunjungi balik ya"

Komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu, ini saya gunakan untuk menyaring spam. Jadi komentar yang saya anggap layak tentu akan lolos dari proses penyaringan. Terima kasih atas kerjasamanya!

Semoga betah mampir di blog saya :))

Like us on Facebook


PRchecker.info

Subscribe