Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(Bukan) Hujan Bulan Juni

                     Ia teringat pada bait puisi milik Sapardi Djoko Damono, “Tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan juni. Dirahasiakannya rintik rindunya kepada pohon berbunga itu.” Ia tidak mengerti apa perannya saat ini, apakah ia mempertahankan perannya sebagai protagonis ataukah peran yang ia mainkan berganti menjadi antagonis?

Haruskah ia bahagia atas kebahagiaan yang bukan miliknya?
Haruskah ia bahagia atas kebahagiaan yang tidak untuk dinikmati sendiri olehnya?
Haruskah ia bahagia atas kebahagiaan yang memang bukan untuknya?

          Mungkinkah, semesta tengah bercanda padanya. Sehingga takdir sungguh membebaskan dirinya dengan sebebas-bebasnya. Segala firasat dan keraguan yang selama ini hanya jadi pemanis dalam kisahnya pada akhirnya berbalik menjadi garam dalam kisahnya dan berbuntut pahit pada akhirnya.
Ia sadari, mungkin seharusnya ia lebih tabah dari hujan bulan juni. Selama apapun itu, ia harus tetap merahasiakan apa yang sebenarnya ingin ia teriaki kencang-kencang pada semesta.
                    Betapapun inginnya ia, betapapun lirihnya suara itu terdengar sumbang.
Ada hal lain yang mesti ia sadari selain kembali berpura-pura menjadi seorang dungu yang tak mengerti isyarat ini. Selalu ada yang tertinggal setiap kali musim datang, membawa sesuatu perubahan besar yang bahkan tak ia ketahui sebelumnya.  
Ikhlaskan hujan untuk membasuh perih yang ia rasakan, agar kelak, ia akan selalu mengingat bahwa hujan bulan juni tidak setabah perjuangan yang mestinya telah ia lakukan.
Bertahanlah, segera berharap semoga bulan juni lekas beranjak dan waktu semakin mendewasakan dirinya dan menggantikan perih yang telah ia rasakan menjadi sebuah hadiah terindah yang tak pernah ia dapatkan sebelumnya.

Catatan ini bukan kisah tentang hujan di bulan juni, hanya sebuah kisah diantara patah, tumbuh, terjatuh dan bangkit. Seperti daun koyak yang dengan ikhlasnya tertiup angin, ia akan jauh lebih baik setelahnya. Semoga. 
Mita Oktavia
Mita Oktavia Lifestyle Blogger yang suka menulis, melukis, bermain game, dan bertualang | Penawaran kerja sama, silakan hubungi ke hello.mitaoktaviacom@gmail.com

Posting Komentar untuk "(Bukan) Hujan Bulan Juni"