Tutorial Cara Menambahkan Laman Pada Blog TERBARU!

20:11

Teman-teman, kali ini saya membawa kabar baik, yey! 

Sebelumnya, jujur aja saya jengah dan sempet kesel baca komentar dari beberapa temen blogger disini terkait tutorial cara menambahkan laman pada blog yang pertama, awalnya memang saya nggak tahu kalau misal tutorial yang pernah saya buat ternyata udah nggak berlaku lagi sebab tampilan blogspot udah berubah, dan setelah saya cek memang benar berubah. Duh! Wajar aja sih, itu tutorial yang saya buat juga udah dari tahun 2013 kemarin. 


Yang kedua, saya sempet ngeasa kesel banget sejujurnya, pertama adalah di google ada puluhan blog (mungkin juga ribuan) yang pasang tutorial serupa yang nyatanya pasti lebih keren dari saya, kenapa nggak pada mandiri coba cari sendiri? Masa kudu disuapin terus? Kalau kayak gitu, kamu nggak akan maju-maju. 


Sebenenya saya akui, salah saya juga sih. Maafkan saya ya teman-teman!

Saya memang awalnya hanya iseng bikin tutorial itu dan nggak nyangka kalau ternyata justru postingan iseng itu banyak diliat dan mendapat banyak respon dari temen-temen. Makasih atas apresiasinya teman-teman. #Terharu :")

Dan kemarin saat saya tengah frustasi dikejar deadline beranda pers (Club Pers saya di kampus) saya buka blog dan muncul-lah tampilan awal yang isinya kayak pemberitahuan dari si blog. Sebenernya saya udah sering liat itu, tapi nggak terlalu saya perhatikan dan saya pedulikan. Tapi... Setelah saya ngeh, dan perhatikan lebih jauh. Isi pemberitahuan itu sebenernya ngasih ke kita--para pengguna blogspot tau kalau tampilan blog berubah termasuk tata cara pengaturan laman. "Emang isi pemberitahuannya pake bahasa indonesia,mit?" sayangnya bukan! hehe pemberitahuan itu pakai bahasa inggris, walaupun saya nggak ngerti-ngerti banget bahasa inggris tapi... liat gambarnya saya cuma bergumam, "ooooh gini toh caranya sekarang." Dan saya jadi ada ide buat nulis postingan ini! yey! :D


Coba deh temen-temen perhatikan skrinsut yang saya punya ini :












Dan...




Dari gambar itulah saya baru ngeh kalau emang tampilan blog udah berubah. Padahal udah dari tiga bulan yang lalu. Artinya, apakah hanya saya saja yang nggak ngeh dengan pemberitahuan dari googlenya atau emang pada nggak tahu. Padahal beberapa kali kalau kita masuk ke blogspot di dashboard-nya suka ada kan hahaha xD

Kalau temen-temen jeli memperhatikannya bahwa tutorial saya yang kemaren sebenernya masih bisa dipakai, bedanya untuk mengimport link yaitu dengan cara yang baru. 


Berikut tutorial cara menambahkan laman yang baru. Semoga membantu! ^__^


Pertama ke dashboard blog kamu, abis itu klik laman. Seperti gambar di bawah ini...




Setelah lama di klik pasti akan muncul seperti ini.




Kamu klik aja laman baru, kalau memang di blog kamu belum ada laman apa-apa. Setelah di klik maka akan muncul seperti ini :




Kamu isi deh tuh, judul laman yang kamu inginkan beserta isinya. (ya, hampir sama kayak kalau kamu mau buat postingan di blog) setelah itu klik publikasikan. 



Pastikan kamu telah mengatur gadget laman pada tata letak blog kamu ya, kamu bisa ke dashboard blog kamu terus klik tata letak. Kayak gini nih :




Nah setelah tata letak di klik maka akan muncul tampilan seperti ini :




Setelah tanda tambah (+) pada kotak dialog yang dilingkari yaitu laman di klik maka akan muncul kotak dialog lagi seperti ini :




Nih setelah di ceklis maka akan seperti ini jadinya :

setelah selesai kamu checklist langsung  kamu klik simpan deh, cari aja pasti ada masih di dalam kotak dialog laman kok. Setelah kamu simpan, kamu bisa mengatur sendiri tata letak page (laman) yang telah kamu buat. Tinggal seret aja sesuai sama keingin kamu misal mau diatas ya tinggal kamu seret gadget page itu ke atas, sehingga jadi tab atas. Seperti contoh dibawah ini dari laman di pinggir saya seret ke atas. Tapi untuk yang gadget atasnya masih kosong tinggal tambah gadget abis itu klik laman dan tambahkan aja, jadi nggak usah di seret-seret kayak gini hahaha (soalnya yang punya saya udah ada, jadi saya mencontohkannya pakai gadget pinggir sehingga kalau mau jadi tab atas kudu di seret dulu ke atas) seperti pada gambar ini :



Dan jangan lupa untuk klik simpan juga ya di tata letak blog kamu. Supaya perubahan yang telah kamu lakukan bisa tersimpan. 
Oh iya, untuk yang pakai template bukan bawaan dari blog sepengalaman saya ada yang emang nggak bisa diutak-atik alias dari sananya emang udah begitu, ada juga yang bisa tapi... bukan tab atas, biasanya ada di samping. 
Dan menurut saya ada beberapa template yang emang berantakan, bikin blog berat, dan lain-lain. Tapi ada beberapa yang juga bagus kok saya pernah nyoba. 

Dan untuk import URL link supaya jadi laman/page, caranya adalah dari gadget pages yang telah kita tambahkan itu, kamu klik edit nanti akan muncul kotak dialog seperti yang pertama kali kamu klik tambahkan laman nih biar lebih jelasnya saya kasih gambarnya (lagi)



Nah, setelah kotak dialog itu muncul yang hanya perlu kamu lakukan adalah mengklik tambahkan tautan eksternal, maka akan muncul kotak dialog lagi seperti ini :



setelah kamu klik tambahkan tautan eksternal makan kotak dialog yang akan muncul adalah seperti ini : 



terus kamu klik simpan setelan tautan deh. Jangan peduliin contohnya  hahahaha ya namanya juga contoh walau rada narsis dikit xD
kamu bisa isi tautan itu sesuka kamu, sesuai dengan kebutuhan. Itu saya pakai contoh URL label yang memudahkan saya untuk mengelompokan postingan dengan label yang sesuai kayak misal review, cerita pengalaman, karya, dll

setelah itu kamu tinggal klik simpan di tata letak. Kalau misal laman tautan yang berisi Url link di blog kamu nggak muncul jangan panik dulu, coba ulik dulu sendiri dan liat lagi dari awal yang ada di postingan ini. Mungkin aja laman url yang kamu buat belum di checklist. 

Biasakan sebelum bertanya, kamu memang udah mencobanya ya! Jangan belum nyoba aja udah banyak nanya kan, "apa banget" gitu :p 
hahahaha

Catatan penting :  Oh iya buat kamu manusia instant tukang copas, tolong banget hargai jerih payah saya! Saya buat ini sampe pegel ngeskritsut gambar plus ngetiknya, sakit tau rasanya kalau jerih payah kita di copas gitu aja. *curhat*
Intinya, saya ingetin jangan berani-beraninya kamu copas tanpa izin dan mencantumkan sumber ya! Tuhan Maha Tahu, dan Maha Melihat tingkah lakumu, Dan ingatlah itu selalu, Hargai orang lain, kalau dirimu ingin dihargai juga. ;))

Oke, semoga bermanfaat!
Mohon maaf kalau ada kekurangan, karena saya manusia bukan robot hahaha See ya! :D


You Might Also Like

9 comments

  1. informasinya pasti bermanfaat nih mba, makasiih ya :)

    ReplyDelete
  2. ha..ha.. ia ya baru perhatikan juga, thanks ya mbak..

    ReplyDelete
  3. buat sya yang baru aktifi di blog lagi ini sangat membantu

    jangan lupa juga mampir di rumah baru saya

    www.hardyzhu.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Makasi mbak infonya bermanfaat sekali :)
    kapan kapan kunjungi ini ya Arulivan.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. oh gitu aku juga ganyadar lho kalo sekarang dunia sudah berubah *eh salah
    maksudku aku ganyadar gitu kalo pengaturannya sekarang udah berubah. nice info then :))

    ReplyDelete
  6. walaupun agak ribet bacanya hehee tapi sangat bermanfaat thanks gan

    ReplyDelete

Hallo... Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya dan membaca postingan saya. Sempatkan untuk meninggalkan komentar ya, tapi tolong komentarnya jangan yang sekedar "buang komentar" aja padahal konteksnya nggak ada kaitannya sama sekali sama apa yang saya posting. Terserah curhat atau apapun itu, tapi saya akan sangat menghargai kalau kamu komen yang nyambung sama konteks dari apa yang saya tulis.
Oh iya, semua orang dapat mengomentari blog saya ada akun-akun pilihannya jadi kamu nggak perlu lagi buang link di komentar ya, Oke? :))

Semua yang telah komen, sebisa mungkin akan saya kunjungi balik jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi bilang "kunjungi balik ya"

Komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu, ini saya gunakan untuk menyaring spam. Jadi komentar yang saya anggap layak tentu akan lolos dari proses penyaringan. Terima kasih atas kerjasamanya!

Semoga betah mampir di blog saya :))

Like us on Facebook


PRchecker.info

Subscribe