Jadilah Pengguna Internet Yang Cerdas, Kamu

18:32

Sebelumnya maaf kalau pembahasan gue kali ini terasa agak kasar, ini kali keduanya gue geram sama orang yang entah terlalu pintar atau terlalu bodohnya. Entahlah gue nggak ngerti. Waktu itu sih emang jelas-jelas ada salah satu postingan gue di blog ini yang di copy paste, ah, terlalu halus bahasanya ya ada salah satu karya gue yang di plagiatin sama salah satu blog ababil yang entah siapa gue nggak kenal. Akhirnya gue berhasil melaporkan itu ke pihak google dan postingan yang dia copy di blog udah di hapus sama pihak googlenya. Kalau lupa atau belum baca, sekedar mengingatkan bisa cek kesini dan kesini. Dan kemaren, beberapa hari yang lalu nggak sengaja gue iseng buka blog gue lewat hp terus gue liat kan feedjit nya dan dahi gue sedikit berkerut saat gue liat ada visitor yang berasal dari kaskus. Jelas dong gue heran, jelas-jelas gue nggak pernah posting apa-apa di Kaskus, jangankan posting, username sama password akun kaskus gue aja gue lupa! *kebiasaan buruk*
Iseng lah gue mengetik nama blog gue di kolom pencarian google dan ada satu thread di kaskus yang gue temukan dan itu nge-link in ke link di blog gue, dan begitu gue buka? GUE KAGET DONG! Ternyata ada postingan pengalaman gue waktu nonton the raid 2 kemaren disini yang ada disana. Bukan masalah postingan gue yang ada disana ya, tapi yang jadi masalah adalah itu postingan gue dan sama dia DICOPY SEMUA SATU POSTINGAN, GILA GAK TUH? Iya gue tau, dia emang nyantumin sumber tapi ya nggak gitu juga caranya kan? Gue juga jadi heran padahal gue udah pake script anti copy, iya gue tau gue emang lebay. Tapi sejak kejadian beberapa tahun yang lalu gue jadi skeptis, jaga-jaga kalau ada PLAGIATOR yang masih berkeliaran. Hey, siapa gue sih? Gue juga bukan penulis kok, terus ngapain juga postingan gue segala di copy kan? gue juga nggak ngerti sama apa yang ada dipikiran orang-orang itu. MAAF bukannya gue gila tata krama atau apa ya, tapi seenggaknya IZIN DULU kek, kan belum tentu yang punya postingan bakal mengizinkan. Apalagi NGGAK IZIN SAMA SEKALI toh gue juga udah memperbolehkan akun anonymous bisa komentar, atau gue udah nyediain kolom "NAMA DAN LINK" di kotak komentar supaya yang nggak punya blog tetep bisa ikut komentar. Tapi nyatanya apa? Gue menemukan hal pahit demikian. Terserah lah kalo kalian ngecap gue jelek, lebay, freak atau apa. Yang bikin gue kesel tuh selain nggak IZIN DULU, si Tresa-tresa ini tuh dengan 'PINTER'nya malah nge-copy semua yang gue posting walaupun nyantumin SUMBER tapi apa itu PANTES? Gue yang nggak tahu apa-apa, tiba-tiba postingan gue seperti dilibatkan dalam thread itu. Lagipula, itu kan cerita pengalaman gue. Nggak semuanya komentar utuh tentang pengalaman nonton The Raid 2, ada cerita lain di baliknya. DAN ITU YANG BIKIN GUE KESEL! 
Apa maksudnya bawa-bawa postingan gue dengan tanpa IZIN DULU! 

Jadi gue menemukan kenyataan baru bahwa script anti copy nyatanya nggak efektif? Kenyataan yang pahit :")


Kalian bisa liat di link ini 



Dan bandingkan dengan disini



Bukannya gue Sok ngartis, Sok penting atau apa ya, bukan. Malahan gue heran kenapa dia menjadikan postingan gue sebagai bahan di threadnya. Gue jadi mikir, "Kenapa nggak pake punya dia aja? Emangnya dia belum nonton atau gimana?" 
Seharusnya yang namanya thread itu kan, pake lah apa yang emang sebenernya ada. Toh itu postingan gue juga nggak murni bahas filmnya aja kan jadi bukan bahan diskusi yang tepat gue rasa. Gue juga sadar, nggak ada artinya gue kesel begini. Tapi tetep aja lah gue manusia biasa yang pasti ada kurangnya. Sekarang gini, coba kalian mempoposisikan ada di tempat gue berada saat ini, "postingan kalian di copy seluruhnya, walaupun nyantumin sumber tapi tanpa izin dahulu yang jelas-jelas postingan itu lebih berisi private karena itu cerita pengalaman pribadi bukan bahan diskusi. Kalaupun memang dijadikan bahan diskusi masa iya harus pake POSTINGAN PENGALAMAN ORANG LAIN" ?
Apa susahnya sih tinggal ninggalin di komentar bilang, "Maaf, saya izin taruh postingan kamu di web/blog/thread saya." Misalnya. Apa beratnya sih cuma ninggalin komen itu aja?

Dear tresa, kalau emang kamu seorang yang cerdas seharusnya kamu nggak kayak gini. Toh nyatanya saya nggak kenal kamu dan kamu nggak kenal saya kan? Terus belum tentu juga kan saya mengizinkan kamu copy seluruh postingan saya itu meskipun kamu udah nyantumin sumber apa iya pantes ngecopy seluruhnya begitu? Setidaknya kalau kamu izin, barangkali saya bisa mempertimbangkan itu. Saya harap kamu bisa lebih bijaksana lagi kedepannya. Buatlah thread diskusi yang lebih cerdas lagi ya dan nggak membuat orang lain merasa terusik dengan tindakan yang kamu lakukan. Saya harap cuma saya aja yang mengalami hal ini jangan diulangin lagi. Tindakan kamu itu masuknya ke tindakan yang kurang menyenangkan, loh! :))

You Might Also Like

6 comments

  1. memang hanya blogger yg bisa menghargai blogger lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga, postingan saya juga pernah di copas di blog orang sebelum ini :))

      Sepertinya sebagai pengguna internet harus saling menghargai aja, biar nggak ada yang merasa terusik dan nggak ada yang harus diusik.

      Delete
  2. udah lama gak main dimari, eh main-main langsung dapet postingan kayak gini.
    kayaknya si doi deh yang engga punya aturan banget, asal copas!!!
    Kalau emang privasi sebaiknya bukan di blog kak, soalnya blog kan udah global banget. jadi yang baca juga banyak orang. kalau privasi nulisnya di privasiin juga ajah :D just opini loh ini
    Kan bukan salah google juga index artikel kakak ke pencarian mereka kalau konfigurasinya blognya aja memperbolehkan google ngambil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibilang privasi banget juga nggak sih soalnya cuma pengalaman biasa aja, tapi maksud saya tuh masa iya pengalaman pribadi seseorang tapi jadi bahan diskusi? Kenapa nggak pake punya dia aja? Agak bikin jengah juga sih orang2 dengan tipe begitu yang kesannya nggak menghargai orang lain.

      Delete
  3. jadi pembelajaran buat blogger newbie, thanks.
    maaf spam ya hehe http://www.arulivan.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. saya ngerasain gimana perasaan mbak,, soalnya saya juga pernah ngalamin postingan di blog di copas,,malah 3 artikel dicopas seluruhnya sama satu akun :(
    nah yang kesel tuh postingan saya di caci maki sama banyak orang,, duh padahal itu pengalaman pribadi,, mana yang copas gak izin dulu, gak tau malu pula,, minta maaf pun nggak meski saya ngomong panjang lebar sampe makan hati rasanya :'(
    masih gendok sekarang juga,, apalagi ngeliat di search engine,, tuh thread di kaskus yang jelas2 postingan saya,, nangkring di halaman depan,, huaaah emang perlu kesadaran dari tiap pengguna internetnya

    ReplyDelete

Hallo... Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya dan membaca postingan saya. Sempatkan untuk meninggalkan komentar ya, tapi tolong komentarnya jangan yang sekedar "buang komentar" aja padahal konteksnya nggak ada kaitannya sama sekali sama apa yang saya posting. Terserah curhat atau apapun itu, tapi saya akan sangat menghargai kalau kamu komen yang nyambung sama konteks dari apa yang saya tulis.
Oh iya, semua orang dapat mengomentari blog saya ada akun-akun pilihannya jadi kamu nggak perlu lagi buang link di komentar ya, Oke? :))

Semua yang telah komen, sebisa mungkin akan saya kunjungi balik jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi bilang "kunjungi balik ya"

Komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu, ini saya gunakan untuk menyaring spam. Jadi komentar yang saya anggap layak tentu akan lolos dari proses penyaringan. Terima kasih atas kerjasamanya!

Semoga betah mampir di blog saya :))

Like us on Facebook


PRchecker.info

Subscribe