Jangan Tertipu oleh Fake Link

23:03

Saya nggak ngerti kenapa postingan saya sebelumnya dengan judul serupa tiba-tiba menghilang, belum sempat saya copy ke word masalahnya :|

 yaudah saya coba ulang postingannya..

Hallo semua! Gimana kabar februari-rain nya? Masih sedingin hujan kah?
Oh iya untuk yang sedang mendapatkan cobaan semoga selalu diberikan ketabahan agar dapat melewatinya dengan baik. Aamiin

Sedikit mau curhat, saya lagi kesel. Iya kesel-sekesel-keselnya sama beberapa teman saya di facebook. Sebagian kenal sih, tapi mereka men-tag saya ke sebuah komentar di foto yang err.... Menyebalkan. Jelas, itu adalah foto 'jebakan' yang entah siapa yang buat.

Teman-teman, saya cuma mau mengingatkan sedikit aja. Jangan mudah terpengaruh dengan rasa penasaran yang kamu punyai. Penasaran boleh, menjadi orang kepo juga tidak masalah tapi be smart people, please!
Jangan meng-klik apapun link yang sekiranya mencurigakan.

Beberapa modusnya adalah "Cara melihat password teman anda, klik link berikut" atau "Cara merubah tampilan facebook anda. Klik ini" dan lain sebagiannya.
Saya dapat katakan semua itu bohong! Itu adalah fake link atau link palsu yang oleh oknum-oknum tertentu disalahgunakan.  Itu adalah jebakan yang menggiring akun anda ke virus phissing. Silahkan googling untuk info lebih lanjut mengenai phissing.

Sederhananya akun kamu akan men-tag semua teman di friendlist kamu ke sebuah komentar di sebuah foto.


Itu adalah efek terkecilnya, dan efek terbesarnya adalah bukan tidak mungkin akun kamu akan dicuri oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Hati-hati!

Berikut hasil screenshot yang berhasil saya simpan yang mana saya jadi korban tag foto -__-

atau ini

Sekilas, saya udah tau kalo dua foto itu adalah palsu... Karena rasanya janggal sekali dilihatnya...

Sekali lagi, jangan pernah meng-klik link yang mencurigakan. Dan Hati-hati :))

You Might Also Like

9 comments

  1. Aku juga pernah ada yang ngetag, malesin banget buat kepo, lagian tampilan facebook kalau digituin malah makin jelek, mending kayak twitter, udah ngikutin perkembangan Windows 8.1 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mah lagi sering2nya kena tag ada kali 10 biji mah -__-
      Aku sih emang kadang suka penasaranan orangnya dan menjurus ke kepo sih, tapi aku udah bisa menduga aja kalo link2 macam begitu mencurigakan dan sebaiknya jangan di klik :D


      wkwkwk aku baru tau dari kamu kalo twitter tampilannya berubah, eh ternyata beneran :D

      Delete
  2. bisa dibilang penggunaan shot link url yang disalah gunakan *biasa di kenal dengan sebutan jebakan betmen* thanks for share sis'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, kadangkan short link malah menjebak. Kita jadi nggak tahu apa link yang kita klik eh tau-taunya malah jebakan betmen fufuufu :|

      Delete
  3. wah iya nih banyak yang nge tag.. booming nih

    ReplyDelete
  4. wah iyah -_-
    makasih udah ngasih tahu, untung gak dicoba-coba lagi :/

    ReplyDelete

Hallo... Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya dan membaca postingan saya. Sempatkan untuk meninggalkan komentar ya, tapi tolong komentarnya jangan yang sekedar "buang komentar" aja padahal konteksnya nggak ada kaitannya sama sekali sama apa yang saya posting. Terserah curhat atau apapun itu, tapi saya akan sangat menghargai kalau kamu komen yang nyambung sama konteks dari apa yang saya tulis.
Oh iya, semua orang dapat mengomentari blog saya ada akun-akun pilihannya jadi kamu nggak perlu lagi buang link di komentar ya, Oke? :))

Semua yang telah komen, sebisa mungkin akan saya kunjungi balik jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi bilang "kunjungi balik ya"

Komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu, ini saya gunakan untuk menyaring spam. Jadi komentar yang saya anggap layak tentu akan lolos dari proses penyaringan. Terima kasih atas kerjasamanya!

Semoga betah mampir di blog saya :))

Like us on Facebook


PRchecker.info

Subscribe