Tradisi 'khas' Lebaran

11:30

Hallo! Selamat Lebaran ya bagi yang merayakan, gimana mudiknya? Puas enggak? Alhamdulillah, tahun ini banyak berkah sekali.. Sedih juga sih karena Ramadhannya udah pergi, Semoga kita semua dapat di pertemukan kembali dengan ramadhan dan idul fitri pada tahun depan dan tahun-tahun  berikutnya. Aamiin
Enggak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan dengan melihat ekspresi kebahagiaan bertebaran~ Kehangatan keluarga saat berkumpul, saling bercengrama dan juga bersenda gurau. Bersilahturahmi dengan semua orang~ Ah~~~~ Rasanya bahagia banget, enggak bisa terlukiskan dengan kata-kata deh pokoknya ^^
Oh iya, mohon maaf ya buat semua belum sempat blog walking, karena sempat sibuk dengan euforia  lebaran dan juga koneksi internet yang di bawah rata-rata alias lemot hihi 
Tau enggak? selain karena moment idul fitri yang begitu membahagiakan ternyata saat saya buka blog setelah sempat hiatus beberapa hari~ terus liat beranda ada postingannya pak darto tentang pemenang GA yang diadakan beliau dan review absurd saya berhasil menang. Alhamdulillah :D

Sebenernya niat postingan ini buat apa ya? saya juga enggak tau sih, bukan postingan serius.. Postingan santai, juga sebagai pengingat kembali bagi saya pribadi. Udah bukan hal yang tabuh lagi yah lebaran itu pasti banyak banget tradisi khas yang kadang kita kangenin abis itu kadang bikin kita ketawa saat mengingatnya ya begitulah~ 
Berikut beberapa Tradisi khas Lebaran menurut saya.. 



1. Malam Takbiran 
Sebelum lebaran pasti orang-orang selalu heboh lah soal malam takbiran. 
"Malem takbiran sama siapa, mblo? Dirumah aja nonton tv? Kasian.. Sama dong" 
Iya, bagi kaula muda malam takbiran biasanya di isi dengan pergi kemana gitu, sama teman-teman dan *uhuk* pacar. Mungkin bagi yang sudah berkeluarga sama suami/istri dan anaknya ^ ^ 
Seperti malam takbiran pada tahun sebelumnya, masih sama.. Saya beserta nenek, ibu, tante dan sepupu saya pergi ke pasar. Enggak elit banget ya? Tapi itu seru banget loh walaupun cape, jadi kayak ada pasar malem dadakan gitu sepanjang jalan menuju pasar di pingirannya banyak yang jualan, rata-rata murah tapi ada juga pedagang rese yang malah naikin harga. Cuma betenya cape aja gitu jalan muter-muter dan juga macetnya ituloh~ Tapi seru banget sih, kan malam takbiran tahun ini hujan ya pada sedih dong.. Tapi alhamdulillahnya hujannya berhenti jadi yang pada malam takbiran pada masih bisa keluar. Itu aja saya pergi jam 8 malem sehabis hujan (sempet enggak dapet angkot juga dong karena penuh -_-) eh pulang-pulang jam 12 malem ahahaha :D 

2.  Baju Baru
Baju baru alhamdulillah tuk dipakai di hari raya~ tak ada pun tak apa-apa masih ada baju yang lama~~~~
 Masih inget dengan lirik lagu anak-anak itu? saya inget banget malah.. 
Tradisi khas lebaran enggak bisa lepas dari yang namanya baju baru.. yups! pasti pasar maupun mall sekalipun langsung penuh diserbu orang-orang pas menjelang lebaran. Jamannya dulu saya kecil sih memang iya ada rasa bahagianya sendiri kalo dibeliin baju baru. Tapi sekarang jaman udah berubah ya saya bukan lagi anak kecil, jadi kalau soal baju saya sih biasa aja tetap beli tapi hanya untuk beli baju yang diperlukan. Untuk lebaran aja saya memakai baju gamis tahun lalu yang belum sempat dipakai~ hihi lumayanlah. Lagian kata sodara saya mah saya itu orang yang gatau mode. Saya cuma senyum selebar-lebarnya ya karena emang saya gak ngerti dan ga suka mode.. :D
Lagian, semakin dewasanya seseorang itu pasti akan mikir, "Toh, lebaran yang dicari maknanya, bukan baju barunya?" :p
Itu juga sih yang saya alami sekarang-sekarang :D

3.Makanan Khas Lebaran
 MAKANAN? IYA! KUE? IYA! BULET? BISA JADI! BISA JADI! DALEMNYA SELAI NANAS? IYA! IYA! IYA! IYA! NASTAR? IYA! IYA! IYA! IYA!
Nah, ciri khas lebaran ya pasti nastar terus ketupat~ hihi 
intinya sih ya makanan khas lebaran itu kue-kue, sirop, kue kaleng, ketupat, rendang, opor ayam, kentang balado, sambel~~ 
Hai! Apa kabar perutmu? *usep-usep perut yang semakin membuncit menimbun lemak*  xD

4. THR
 Apa coba yang paling ditunggu di lebaran selain moment 'kemenangan', kembali kepada fitri, baju baru, dan segala pretelannya? Yups! THR! ini menjadi tradisi.. semua orang pasti suka kalo di kasih THR berupa 'salam tempel' terlebih anak-anak. Walau jumlah yang saya dapatkan semakin tipis dibandingkan dengan dulu tapi alhamdulillah masih kebagiaan THR :D
Kayaknya tradisi pembagian THR akan ada selama orang itu belum bekerja dan berkeluarga~~ hihi semoga aja taun depan giliran saya yang kebagian ngasih THR buat sepupu dan ponakan-ponakan :D

5. Maaf-maaf-an
Enggak tau asal muasal maaf-maaf-an dari mana, tapi yang bikin senengnya itu adalah ajang maaf-maaf-an saat lebaran bisa melunturkan gengsi ya misalnya saat kamu punya salah sama siapa kek gitu terus ngerasa ngengsi buat minta maaf akhirnya momen ini bisa kamu pakai buat saling bermaaf-maaf-an, melunturkan segala kebenciaan, dendam dan kekhilafan. Walau sesungguhnya meminta maaf tidak harus menunggu saat momen lebaran aja sih ya ^ ^
Tahun ini agak spesial bagi saya, karena alhamdulillah saya kebanjiran sms dari teman-teman, walau tahun ini lebih sedikit karena sebagian besar sudah memasangnya di akun jejaring sosial. Tapi tidak mengurangi rasa bahagia saya.. :D

6. Berfoto
 Kenapa coba saya masukan 'berfoto' dalam kategori tradisi lebaran? Ya karena semakin berkembangnya teknologi semakin memudahkan kita. Dan berfoto salah satunya, menjadikan momen spesial kemudian untuk diabadikan. Bagi saya pribadi, foto adalah pengikat kenangan dan sifatnya abadi (selama itu foto masih ada dan gak rusak). Bisa jadi pengingat kenangan dan pelipur lara di kala rindu :D

Dan yang terakhir, ini sih tradisi ala keluarga saya :D
Makan Baso/Mie Ayam Baso
Seperti pada tahun sebelumnya, enggak mesti lebaran aja sih sebenernya~ Iya keluarga besar saya memang pada maniak baso/mie ayam baso. Biasanya kami semua menyantapnya di waktu siang hari sehabis selesai acara-acara tertentu. Dengan Kadar kepedasaan yang bermacam-macam, Seger lah jadinya kalo udah 'pesta' baso dan mie ayam baso tuh~ :D

Oke, sekian postingan singkat tentang tradisi lebaran.. 
Ini Tradisi lebaranku, apa tradisi lebaranmu? :))
Sekali lagi mohon maaf lahir dan bathin dan selamat lebaran~~ 
Yang masih baru mudik atau akan pulang mudik hati-hati ya ^ ^ 

 

You Might Also Like

10 comments

  1. Kami sekeluarga mengucapkan
    “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H”.
    Mohon maaf lahir dan bathin
    Taqabbalallahu minna waminkum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf lahir dan bathin juga ^ ^

      Delete
  2. kadang, pas lebaran sering ketuker mana tradisi mana syar'i. Smeoga kita tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang sih, ya semoga aja tradisi gak akan menggantikan yang syar'i :)

      Delete
  3. makan mie ayam/bakso, samaan dengan keluarga gue yak.
    Doyan banget sama ntu makanan.
    Tapi gak sampe jadi tradisi makan bareng gitu.

    Blogwalking qaqaaaaaaaaah
    Kapan sempat, mampir ke http://kuntikunyuk.blogspot.com/ yaaaak.

    Saling followan yuuuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah samanya berarti ya ^ ^ nanti kalo sempat aku mampir ^ ^

      Delete
  4. minta THR donk.. ^_^
    wew baru tahu ada tradisi makan Bakso, biasanya kan lontong+opor gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dong yang harusnya minta THR #eh :D
      ketupat sama opornya sih masih, cuman kalo siang2 ya ngebaso itu xD

      Delete
  5. kalo aku sih ke makam terus mudik hahahaha

    ReplyDelete
  6. Taqoballahu minna wa minkum
    mohon maaf lahir dan batin :)

    Klo lebaran yg saya suka tuh banyak makananan dan tentu nya THR :D

    ReplyDelete

Hallo... Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya dan membaca postingan saya. Sempatkan untuk meninggalkan komentar ya, tapi tolong komentarnya jangan yang sekedar "buang komentar" aja padahal konteksnya nggak ada kaitannya sama sekali sama apa yang saya posting. Terserah curhat atau apapun itu, tapi saya akan sangat menghargai kalau kamu komen yang nyambung sama konteks dari apa yang saya tulis.
Oh iya, semua orang dapat mengomentari blog saya ada akun-akun pilihannya jadi kamu nggak perlu lagi buang link di komentar ya, Oke? :))

Semua yang telah komen, sebisa mungkin akan saya kunjungi balik jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi bilang "kunjungi balik ya"

Komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu, ini saya gunakan untuk menyaring spam. Jadi komentar yang saya anggap layak tentu akan lolos dari proses penyaringan. Terima kasih atas kerjasamanya!

Semoga betah mampir di blog saya :))

Like us on Facebook


PRchecker.info

Subscribe