Tutorial Cara Menambahkan Laman Pada Blog

15:18

[UPDATE] Saya udah bikin tutorial menambahkan laman pada blog terbaru, menanggapi beberapa komentar dari temen-temen. Postingan itu bisa kalian liat disini semoga bermafaat ya :)

Hai semua, apa kabar? Semoga enggak bosen ya liat saya yang muncul terus di beranda blog kalian xD 
Jadi gini, sahabat saya si defret a.k.a deta nge-wall ke aku nanya soal bagaimana supaya ada kayak gini :



Saya juga awalnya enggak pake tab menu macam begini, tapi pake script yang saya googling. Dan dengan kampretnya itu script enggak di temukan akhirnya saya pun menghapus pengaturan tab menu sebelumnya ._.

Untuk dapat melakukan tutorial ini sebenernya siapa juga bisa, Hanya saja yang akan muncul di blog kamu akan berbeda sekali mengikuti template yang kamu pakai. Berhubung saya pakai template bawaan dari blogspot maka tampilannya pun seperti itu. Untuk warna dan background tab menunya bisa kamu utak-atik di perancangan template bagian "sesuaikan template". Saya yakin sekali, kamu bisa lebih jago daripada saya. Oh iya ini tutorial pertama yang saya buat jadi mohon maaf kalau misalnya aneh atau tidak mudah di paham. tapi insyaallah mudah di pahami kok :p 

Dan semoga tutorial ini bermanfaat buat kamu yang masih newbi dalam dunia per-blog-an seperti saya ini ya ^^

 Semua berawal dari niat kalo enggak SANGHUP ya DISANGHUPIIIIIIN ~ xD


Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah ke home/dashboard blog kamu.. 

Setelah itu, yang harus kamu lakukan adalah meng-klik tombol panah seperti pada gambar di bawah ini

Saat kamu klik tombol panah  itu, makan akan muncul tampilan seperti ini

Nah setelah itu, kamu pilih Laman

Setelah kamu pilih Laman maka tampilan yang akan muncul adalah seperti berikut

Dari tampilan laman ini, kamu sudah semakin dekat dengan apa yang kamu inginkan ^^ Oh iya, catatan penting sekali. Pastikan kamu memilih ini sebelum kamu membuat laman

Saat ini kamu sudah bisa membuat tab menu, loh.. :D
Eits Tapi tunggu dulu, saya akan menjelaskan sedikit mengenai beberapa fungsi tombol yang ada di tampilan laman ini..

  • Fungsi Laman Baru


 Dibagian Laman Baru kamu akan menemukan dua opsi yaitu Laman Kosong dan Alamat Web. Perbedaannya apa? 
Jika Laman Kosong adalah kamu membuat laman seperti akan membuat postingan begini tampilannya saat di klik

Sedangkan opsi Alamat Web adalah diperuntukan bagi kamu yang akan menaruh alamat web (url) tertentu

Sudah mengerti, kan? 
Semoga sudah ya ^^ 
Kalau misalnya belum silahkan googling sendiri ya xD
Oke, Semoga bermanfaat ^^

You Might Also Like

72 comments

  1. Ini untuk laman yang belum diisi postingan ya mbak? kalau udah terlanjur diisi gmn ngaturnya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud pertanyaannya gimana, mbak? memang mau di atur seperti apa? kalo memang lamannya seperti punya saya yang bawaan dari template blogspot sih kemungkinan bisa, tapi kalo untuk yang pake script-script gitu saya kurang paham =,=
      Mungkin bisa di back-up dulu data2 yg ada pada laman yg telah di isi itu, setelah itu baru di ubah sesuai keinginan. Tapi kalo laman postingan cenderung gagal sih apalagi yang memuat script-script semisal kumpulan banner harus sabar ngaturnya..

      Delete
    2. klik laman keluar tampilanya langsung yg buat laman kosong kaya mo posting gt trs gmn ya mb? (kaya di gambar no 2 dari akhir)

      Delete
    3. diklik laman keluar tampilanya laman kosong mb, ky gambar no 2 sebelum terakhir , nah gmn cara ngaturnya ya?

      Delete
    4. ketika di klik laman kluarnya laman kosong mb trs gmn ya ngaturnya?

      Delete
  2. Nyimak dan ikut berkomentar ^_^
    Tips dasar blogging yang pastinya temen-temen yang laen juga blm banyak yang tau, nice post, tinggal pengeditan fotonya aja yang btuh dirapiin..

    4 JEMPOL untuk artikelnya ^0^
    Btw, tampilannya ijo bikin adem :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas ^^
      Iya nih itu ngeditnya ngebut banget jadi asal-asalan ahaha :D
      tapi makasih buat masukannya :3

      Delete
    2. Sama-sama non Mitha :D

      Laen kali usahain kalo kebut pake helmnya biar ak kenal tilang *eh* :p

      Delete
  3. dulu gue nyari2 yang kaya begini susahnya minta ampun tapi sekarang udahh bisa.

    artikelnya keren, yg begini banyak di cari sma blogger pemula (termasuk gue juga ) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha sama banget, gue juga nyari kemana-mana susah. nemunya yang script script gitu ._.
      makasih :D semoga bermanfaat ya ^^

      Delete
  4. Salam kenal kak Mitaa.. ^^
    tutorial-nya bagus.. Masya Allah..
    dulu juga Aisyah ga tau cara buat laman, padahal tema blog Aisyah udah ada laman bawaannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali Aisyah ^^
      Alhamdulillah, makasih ya.. Semoga bermanfaat :)

      Delete
  5. Hahaaa pengalamannya hampir sama dengan saya Mbk Mita.
    Namun setelah banyak mnegaji dan berdo'a akhirnya Gusti Allah kaih wahyunya kepada saya. pada akhirnya saya coba namun saya kurang begitu berhasil. Heheeee..
    Wahyu belum selesai diturunkan saya sudah dibangunin sama mama untuk sahur jaidnya ya gitu deh kepotong.
    Wkwkwkwwkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, pengalaman yang mana? yang di kerjain sama script hasil googling, kah? tapi sekarang udah bisa mas? :D

      Delete
  6. masih ga ngerti.. haha biar rajin nulis di blog juga, gimana yaa?? kasih tips mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Faishal, terima kasih sarannya. Nanti diusahakan deh saya buat postingannya :D

      Delete
  7. tutorialnya bermanfaat, thanks

    ReplyDelete
  8. Tutorial bermanfaat sekali buat saya yang baru buat blog,,
    sekalian mau nanya nih kak, gimana caranya masukin beberapa artikel dalam satu laman.. contohnya laman "review" nya kakak yg diatas tuh bisa dimasukin banyak artikel.
    mohon jawabannya ya kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Hulinggi clan, di kolom laman "review" saya memasukan alamat web yang mengarah pada label "Review" jadi ada banyak rentetan postingan. Jika kamu ingin membuat laman yang memuat sama seperti yang saya lakukan. Sebaiknya kamu melabelkan setiap postingan kamu, jadi untuk memudahkan dalam membuat laman. Semoga membantu :)

      Delete
  9. thanks infonya...detail jadi mudah di mengerti

    ReplyDelete
  10. saya masih bingung untuk mengisinya harus gimana? supaya postingan yang di home lari ke laman yang di maksud gimana? saya belum benar benar bisa dan masih sedikit bingung.... mohon pencerahannya kak...

    salam happy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu terserah kamu mau isinya apa, kamu tau label ngga? ituloh yang suka ada di tiap akhir postingan. Nah, kalau saya pake label, jadi button yang ada di tab menu saya alihkan ke label misal : button review pada tab menu maka linknya itu saya isi dengan link dari label review.
      Nah, sebelum kamu bisa bikin kayak saya gitu, postingan kamu harus pake label dulu biar memudahkan kita untuk mencari. Kamu ulik sendiri aja label dimana ya. Coba buat belajar mandiri, insha allah kamu pasti bisa :))

      Tergantung kebutuhannya, bisa saja kamu masukan url dari website lain.

      Semoga membantu dan selamat mencoba! :)

      Delete
  11. sudah saya laksanakan mbak.
    luar biasa...soale hampir saya cari menu yang tampil diatas di blogpot. tapi gak ketemu ketemu....e..e..ternyata namanya : LAMAN.

    Kalo di wordpress, namanya : HALAMAN.
    Trims ya...
    kunjungi : www.oktafdsains.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, senang bisa membantu :))

      Delete
  12. kak, saya blm bisa. .
    Kok laman saya gk muncul diatas kyk kakak. . pilihat 'letakkannya dimna' juga gk ada . .
    bantu aku dong kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, maaf, baru bales, kamu udah ngikutin step by step kayak yang udah aku contohin yang diatas? coba di cek lagi, barangkali ada yang kelewat...

      Delete
  13. saya mau nanya,, di Blog saya kok gak ada Bacaan Tab Atas nya ya?
    kalo gak ada gmna cara buat Laman nya ya? Tolong Bantuan&Info nya y Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama. aku juga kayak kamu. gaada bacaan tab atas

      Delete
    2. Hallo, maaf, baru bales, kalo step yang saya lakukan itu dari template bawaan blogspotnya. Kalo untuk template diluar dari google yang kurang tau maaf, tapi udah ngikutin step by step yang saya lakukan diatas? mungkin ada yang kelewat coba cek lagi

      Delete
  14. makasih infonya. background web-mu bagus bgt. gmn caranya?

    ReplyDelete
  15. di tempat saya kalo klik laman baru langsung ngebuka ga ada pilihan alamat web atau lainnya solusi nya gimana ? apa karna saya ganti template ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi, pakai template bawaan blognya apa template download?

      Delete
    2. Saya pakai template download tuh ? .. pake temanya e991 itu .. wkwk
      lah kalo gitu caranya gimana ya ?

      Delete
  16. kasus saya sama mas marcell,,,udah klik laman tapi gak ada tampilanseperti gambar yang diatas...udah ganti tempelate sihh tapi setelah saya coba ganti lagi ke template bawaan blog tetep aja masih sama....minta solusinya dong mbak??? thanks

    ReplyDelete
  17. ini untuk tampilan blog yang lama... kalau sekarang tampilan dashbor blogspot udah update... saya muter muter cari artikel bikin menubar di dashbor blog yg batu ga ketemu ketemu.... jadi yg baru itu pas klik laman, ga ada pilihan (jangan tampilkan, tampilkan di sidebar, tampilkan di headbar)

    ReplyDelete
  18. gemana cara masukin dua artikel dalam satu page....

    ReplyDelete
  19. Anehnya Aku Kok Gak Ada Tab Atas Tab Samping Maupun Jangan Tampilkan

    ReplyDelete
  20. msih bngung, di blog sya kok ga ada pilihannya tab atas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah saya sama kyak mba, gak ada tulisan tab atas

      Delete
  21. Mbak inikan tutorial nya untuk blog yang tampilan lamanya, jadi banyak pengguna blog yang belum paham isi yang lama dengan tampilan blog yang baru,tolong mbak tutorial yang untuk blog tampilan terbarunya.

    ReplyDelete
  22. nice artikel, maksih ya ilmunya

    ReplyDelete
  23. punyaku nggk bsa muncul laman-nya.Itu kenapa ya? ada solusinya nggk?
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  24. Bagi blog versi 2014 agak sedikit beda gan. Jadi bingung :3

    ReplyDelete
  25. blog versi 2014 ada perbedaannya gan. jadi bingung saya :3

    ReplyDelete
  26. nah yunita sari sama kayak saya, gak ada tampilan atas
    Itu gmana ????

    ReplyDelete
  27. nah saya sama dengan yunita sari, gak ada pilihan tab atas

    ReplyDelete
  28. makasih tutorialnya. saya blogger pemula, tutorial anda sangat membantu. Please visit my blog www.kurniawanharefass.blogspot.com

    ReplyDelete
  29. jangan lupa mampir ke sini ya --->> http://ridwan-hakim.blogspot.com/


    *gue juga suka nulis cerpen loh...

    ReplyDelete
  30. jangan lupa mampir ke sini ya --->> http://ridwan-hakim.blogspot.com/


    *gue juga suka nulis cerpen loh...

    ReplyDelete
  31. kak jadi intinya laman di blog itu buat apa????

    ReplyDelete
  32. saya mau tanya ni. . kenapa kalau saya masuk di laman baru g ada menu tab atas atau tab samping. . . adanya langsung masuk di tulis postingan . mohon pencerahannya . . trims

    ReplyDelete
  33. lamanya ttp ga tampil tlong bantuannya

    ReplyDelete
  34. kalo saya blm puNya lamaN sama sekli bagaimaNa...???"
    apa tutor.Na jg sama...???"
    makasih..."

    ReplyDelete
  35. Thanks mita, tadi aku sempet bingung sama fungsinya laman.. Googling trus nemu artikel kamu ini.. :)
    Mampir ke blogq ya...^^ http://emjannah.blogspot.com/

    ReplyDelete
  36. i know how to add page, but what i don't know it is use for what? hehe i will visit this blog oftenly.. hehe i have trapped with google translate sis, so i give a comment with english too. by the way the the pointer is disturbing me from dragging the scroll bar. Nice post..

    ReplyDelete
  37. mba ko yang punya aku tampilan halaman nya jadi 2?

    ReplyDelete
  38. salam kenal mbak mita,sy mudeng dgn tutorialnya tp sy buat laman kok postinganya jd muncul semua,memangnya klo laman scr spesifik fungsinya apa sih mbk,apa bedanya dgn entri,isinya harus sama atakah beda,satu lg mbk yg bikin sy bingung,di jendela laman sy kok ga ada tombol tab atasnya,jg tampilan daftar lamanya beda,gmana mb y,sy lg bikin mb,tulung mb y,maksih mb mita y.

    ReplyDelete
  39. Nice share sis, ane baru tau ternyata bisa pake halaman pake url ya.

    kalau cara bikin halaman terus ada muncul lagi lamannya gimana ya?

    kaya scroll kebawah gitu lamannya.

    Visit blog ane juga ya :D

    merangkaitulisan.blogspot.com

    ReplyDelete
  40. kak mita,,info nya bermanfaat banget, aku ada pertanyaan nih, gimana cara menambah post di halaman yg di inginkan,,, misalnya saya bkin postingan "resep cupcake" "resep rainbow cake" resep tiramisu" trus postingan tsb mau saya masukin ke halaman "Resep Kue"..gimana ya caranya?
    thanks kak ;;) buat readers mohon comentnya jg :D

    ReplyDelete
  41. aduw saya masih agak bingung. coba deh mba mampir ke blog saya. https://fikriolala.blogspot.com
    itu cara memberi halaman seperti itu saya masih bingung.

    ReplyDelete
  42. Waahh tutorialnya sangat aplikatif, berguna banget. Makasih yaa

    ReplyDelete

Hallo... Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya dan membaca postingan saya. Sempatkan untuk meninggalkan komentar ya, tapi tolong komentarnya jangan yang sekedar "buang komentar" aja padahal konteksnya nggak ada kaitannya sama sekali sama apa yang saya posting. Terserah curhat atau apapun itu, tapi saya akan sangat menghargai kalau kamu komen yang nyambung sama konteks dari apa yang saya tulis.
Oh iya, semua orang dapat mengomentari blog saya ada akun-akun pilihannya jadi kamu nggak perlu lagi buang link di komentar ya, Oke? :))

Semua yang telah komen, sebisa mungkin akan saya kunjungi balik jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi bilang "kunjungi balik ya"

Komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu, ini saya gunakan untuk menyaring spam. Jadi komentar yang saya anggap layak tentu akan lolos dari proses penyaringan. Terima kasih atas kerjasamanya!

Semoga betah mampir di blog saya :))

Like us on Facebook


PRchecker.info

Subscribe