Antara Aku, Berat badan dan Pak Dokter

13:26

Mendengar kata dokter, Aku langsung teringat bahwa cita-cita masa kecil ku adalah menjadi seorang dokter hahaha cita-cita yang akhirnya harus di kubur dalam-dalam karena nggak kesampaian juga XD
*oke ini malah jadi curhat* 

Pengalaman bersama dokter sejauh ini sih banyak, kenapa aku bilang banyak? Ya karena beberapa kali aku harus bertemu dengan dokter. Sejak kecil sesungguhnya aku jarang sekali sakit, tapi sekalinya sakit.. langsung gejala DBD. 

Tapi pas aku SMK kelas 1 dulu dan ikutan LDKS Osis dari situ aku baru tau apa sakit yang baru menghinggapiku. Saat lagi khusu'-nya dengerin kakak-kakak-nya pengarahan tiba-tiba tanganku kaku enggak bisa di gerakin, pas kebetulan lagi hujan besar juga dan dingin. Aku panik dong ya, terus pas gitu aku ngomong ke temen sekelompok aku : "Tanganku kaku, enggak bisa di gerakin". Didalam pikiranku hanya ada dua hal: Aku kenapa? Dan aku takut kalau aku kesurupan. Hahaha! 
 Dari situ pada panik kan dan akhirnya kakak panitia menghampiri kelompok aku dan bertanya, "Ada apa?"



Udah tuh akhirnya aku 'diungsikan' ke ruang osis dan di beri minuman yang serba anget-anget, disitu kakak seniornya pada baik-baik dan enggak keliatan galak kayak pas sebelum-sebelumnya. Ya wajar sih yah namanya juga ldks, masa mau baik-baikin nanti malah kitanya jadi manja.

 Setelah aku sembuh, Aku balik lagi kan ke kelompok. Ya yang namanya ldks mana ada yang enak kan. u,uu 
Dan kembali aku 'tepar' lagi. tapi kali ini aku merasakan sesak nafas hebat. Dan benar-benar kesulitan bernafas. Disitu aku ngerasa malu banget sih karena harus nginep di UKS -__-
ya tapi mau gimana lagi, sakit kan enggak bisa kita request kapan harus dateng kecuali kamu sendiri yang nyari-nyari penyakit itu sendiri :p

Terus kakak-kakaknya sempat nanya : "Kamu punya asma?" Aku tertegun sangat lama, setahuku di keluargaku enggak ada riwayat penyakit asma, alias di keluarga enggak ada yang punya asma tapi kok aku kok sesak nafas? lalu aku menggeleng. Beruntung obat asma belum ku minum hahaha
Nafasku makin sesak kan, kakak-kakak PMR tadinya ingin memberikanku bantuan pernafasan lewat tabung oksigen gitu tapi bukan yang gede yang kecil gitu enggak tau namanya apa u,uu 
Tapi sebelum itu, untungnya si kakak itu nanya dulu kan : "Kamu udah pernah pake ini?" *nunjuk ke tabung oksigen itu*
Dan Aku bilang belum. Dan setelahnya kakak PMR yang lain bilang : "Kalo belum mending jangan" 


Yaudah tuh, aku enggak jadi pakai. Sampai keadaanku membaik dengan sendirinya~ 
Satu hal yang saat itu aku pikirkan, "Ya mungkin cuma kecapean doang"

Tapi sesak nafas itu sering muncul, Aku baru sadar itu. Hampir setiap pagi atau saat udaranya dingin. Apalagi kotaku hampir setiap hari di guyur hujan.

 Akhirnya saat itu kuputuskan bilang ke mama kalau aku mau ke dokter. Berangkatlah ke dokter. Pada saat itu, keadaan lumayan sepi karena ini klinik akhirnya Aku kebagian antrian nomer 3 setelah menunggu tiba giliranku, Aku dipersilahkan masuk. Dokternya saat itu laki-laki dan sudah bapak-bapak tapi ramah banget. Ngocol lagi Aku jadi enggak tegang dan enggak ngerasa kalau aku lagi sakit XD 

gambar nyomot dari google XD

"Keluhannya apa?" 
"Ini, dok. Saya suka ngerasa sesek nafas."
"Nama, Umur, Alamat."
"Nama Mita, Umur sekian-sekian, alamat.."
"Sesak nafasnya setiap apa? Punya sakit asma?"

*dalem hati* lagi-lagi sakit asma -__-
"Oh enggak, dok. Kerasa sesaknya setiap pagi atau kalo udaranya dingin" 
"Silahkan diukur dulu tinggi dan berat badannya." 
 ^Percakapan ditas kurang lebih kayak gitu abisan aku lupa kata-katanya gimana udah lama juga kan u,uu


Akhirnya aku di ukur tinggi dan berat badan sama si susternya. Dan setelah selesai si dokter berkata : "Dari hasil pengukuran tinggi dan berat badan kamu, Kamu obesitas. Kelebihan berat 10kg. Itu juga bisa jadi salah satu penyebab kenapa kamu suka sesak nafas selain itu kamu juga alergi sama dingin." 

Aku hanya terpaku~ Segendut itukah aku? Sampai harus menyandang Obestitas? -__-
Tapi beneran deh, badanku itu biasa aja--gak melebar tapi memang sih dibagian tertentu khususnya perut suka kerasa beda alias berlebihan lemak ahahaha XD
Emang sih ya saat-saat itu aku suka makan malem, terlebih ngemil.. Aku memang tipikal orang yang kalau ngerasa stress malah sukanya makan, dan ini memang enggak bagus loh! XD
Ya jadi gitu, Tapi setelah itu berat badanku normal lagi~
Dan banyak sih yang takut sama yang namanya berat badan termasuk saat ini aku didalamnya. Sekarang juga aku jadi mengurangi makan-makan bukan pada jam-nya (ngemil) bukannya apa-apa tapi takut obesitas lagi kan -_-

Menurutku pribadi, Dokter yang selalu berusaha dekat dengan pasien itulah yang selalu membuat si pasien merasa jadi nyaman dalam artian bukan SKSD yang berlebihan juga yah -_-
Tapi bukankah sudah seharusnya dokter memang bersikap ramah sama pasien dan enggak gitu ada batasan yang berarti antara pasien dan dokter yang membuat suasana jadi kaku dan menakutkan mungkin yah apalagi kalau kita lagi sakit suka mikirnya yang macem-macem -_-

Tapi beberapa kali juga aku punya pengalaman yang enggak enak dengan beberapa dokter, yaitu dari sikap sang dokternya sendiri yang terlalu kaku, enggak ramah malah bikin si pasiennya enggak nyaman dan akhirnya ada perasaan jadi males buat ke dokter padahal nyatanya enggak semua dokter seperti itu kan ^^
Kalo kata mama aku : "Dokter dulu sama dokter yang sekarang-sekarang beda yah. Bagusan dokter yang dulu-dulu" Beda Jaman, Beda Rasa Mungkin itu pendapat yang lumrah di lontarkan saat masyarakat merasakan ketidakpuasan terhadap pelayanan yang diberikan dari si dokter itu sendiri. Sesungguhnya bekerja dalam bidang pelayanan memang tidak mudah, karena kita harus memberikan pelayanan yang terbaik yang kita mampu. Bahkan tidak sedikit yang masih merasa 'tidak puas' atas pelayanan yang dikeluarkan. Ya yang namanya setiap individu macem-macem sifat dan karakternya yang enggak akan kita tahu bagaimana pemikiran mereka. *ngomong apa sih ini*

Dan Aku yakin sekali kalo dokternya kayak gini nih 
Hai pak dokter \(^3^\)
Pasti bakalan banyak banget pasien yang ngantri buat di periksa #Plak XD 

Back to the topic
Dari situ aku ngefans sama pak dokter itu hahaha dokternya baik, lucu.. 
Aku mau berterima kasih sama pak dokter yang waktu itu udah meriksa aku, udah bikin aku ketawa, nyaman dan bikin aku ngerasa bahwa obesitas bukan akhir dari segalanya ahahaha
Tapi dari pengalaman itu aku jadi bisa sadar tentang pentingnya menjaga pola makan apalagi kalau perempuan kan rata-rata gampang gendut tapi susah kurus <--- itu gue banget kayaknya ahahaha XD
Bikin aku sadar bahwa obesitas atau kelebihan berat badan itu enggak baik, bisa bikin tubuh kita jadi terserang banyak penyakit selain itu menghambat kegiatan kita juga kan. Karena saat kita kelebihan berat badan atau obesitas otomatis bikin kita gampang cape ya karena kalo kita jalan sebentar aja udah ngos-ngosan.  Dan bikin aku sadar bahwa nikmat sehat itu tiada duanya deh karena kalo kita sakit, mau ngapa-ngapain juga gak enak kan
Dan Alhamdulillah, sekarang aku sudah merasa lebih baik. Sudah merasa 'sembuh'  walau sesekali alergi dingin itu menjalari tubuh ini. Dan satu hal lagi, Aku enggak akan pernah kapok untuk ikutan organisasi walaupun sempet membatasi juga sih XD

Cerita ini diikutsertakan dalam Giveaways OM


You Might Also Like

1 comments

  1. Bagus dek ceritanya ... bisa buat pelajaran ....
    semoga kedepan bisa jadi dokter yang baik ....

    ReplyDelete

Hallo... Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya dan membaca postingan saya. Sempatkan untuk meninggalkan komentar ya, tapi tolong komentarnya jangan yang sekedar "buang komentar" aja padahal konteksnya nggak ada kaitannya sama sekali sama apa yang saya posting. Terserah curhat atau apapun itu, tapi saya akan sangat menghargai kalau kamu komen yang nyambung sama konteks dari apa yang saya tulis.
Oh iya, semua orang dapat mengomentari blog saya ada akun-akun pilihannya jadi kamu nggak perlu lagi buang link di komentar ya, Oke? :))

Semua yang telah komen, sebisa mungkin akan saya kunjungi balik jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi bilang "kunjungi balik ya"

Komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu, ini saya gunakan untuk menyaring spam. Jadi komentar yang saya anggap layak tentu akan lolos dari proses penyaringan. Terima kasih atas kerjasamanya!

Semoga betah mampir di blog saya :))

Like us on Facebook


PRchecker.info

Subscribe