Copas Tanpa Izin sama dengan Mencuri

21:16

Beberapa kali melihat teman-teman sesama blogger yang telah menjadi korban copas, yang ada dibenak saya hanya satu ; "Bagaimana ya jika saya ada diposisi itu? Apakah saya akan sangat murka?" 

Dan gak sengaja lagi main ke blog-nya kak Keven Keppi dan kemudian dia membahas soal copas, karena dia menjadi salah satu korban juga.. 

nah, dia juga mencantumkan sebuah link
http://www.alkhoirot.net/2012/05/agar-artikel-plagiat-dihapus-dari.html?showComment=1363267859289#c8290403511948658248
dengan judul kalau artikel di copas (copy paste) , dan saya pun iseng mencobanya.. saat saya mencoba menuliskan postingan saya yang berjudul "senyuman di senja itu", Dan ternyata hasilnya sangat mengejutkan.. 

Ada sebuah blog yang ternyata mengcopy-paste tulisan saya.. 

dan ini screen shot-nya 
ini link dia 
http://imania-nabilah.blogspot.com/2011/11/senyuman-di-senja-itu.html?showComment=1363266803546#c7315375310337698930



dan ini postingan saya 
ini link postingan saya 
http://mimithpunyacerita.blogspot.com/2011/07/senyuman-di-senja-itu.html#more


dan dapat kita lihat, saya posting itu pada bulan juli dan dia bulan november. Memang tulisan saya pun hanya-lah tulisan iseng, gak ada harganya apa-apa tapi itu murni dari pikiran saya. Pantaskah untuk di curi? 
Memang apa susahnya sih untuk izin, bilang.. Toh kalaupun izin akan lebih saya pertimbangkan.. 
Memang apa beratnyanya sih mencantumkan sumbernya? 


Ya hikmahnya adalah harus lebih berhati-hati lagi.. Pencuri digital berkeliaran.. 
Mereka hanyalah sekumpulan orang-orang malas yang maunya yang serba instant
 Jujur saja, saya pun ingin menganggap semua ini hal yang sangat sepele tapi mana bisa? Jika mereka dibiarkan begitu saja mau sampai kapan mencuri hak orang lain? 

Copy paste tanpa izin dan mencantumkan sumber sama dengan mencuri.. 
Saya pun suka mencari referensi tulisan di google dan wikipedia. Tapi kalaupun saya mengutip akan saya cantumkan sumbernya. Semenjak menjadi seorang blogger saya belajar banyak hal dan saya lebih bisa menghargai karya orang lain.

Mengcopas untuk meningkatkan ratting blog saja? Apakah kalian gak tau, bagaimana marahnya orang yang kalian copas tanpa izin? Merasa karyanya  tidak dihargai sedikitpun! 

Maaf, saya harus tegas dalam hal ini.. 
Pffffffffff saya merasa kecewa sekali.. sudah setahun lebih berlalu namun saya baru mengetahui hal pahit ini T_T



You Might Also Like

0 comments

Hallo... Terima kasih sudah bersedia mampir di blog saya dan membaca postingan saya. Sempatkan untuk meninggalkan komentar ya, tapi tolong komentarnya jangan yang sekedar "buang komentar" aja padahal konteksnya nggak ada kaitannya sama sekali sama apa yang saya posting. Terserah curhat atau apapun itu, tapi saya akan sangat menghargai kalau kamu komen yang nyambung sama konteks dari apa yang saya tulis.
Oh iya, semua orang dapat mengomentari blog saya ada akun-akun pilihannya jadi kamu nggak perlu lagi buang link di komentar ya, Oke? :))

Semua yang telah komen, sebisa mungkin akan saya kunjungi balik jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi bilang "kunjungi balik ya"

Komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu, ini saya gunakan untuk menyaring spam. Jadi komentar yang saya anggap layak tentu akan lolos dari proses penyaringan. Terima kasih atas kerjasamanya!

Semoga betah mampir di blog saya :))

Like us on Facebook


PRchecker.info

Subscribe