Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sampah Elektronik Bisa Bermanfaat Dengan iSiaga

Pada postingan sebelumnya disini , saya pernah berkata akan menceritakan pengalaman saya saat membuang sampah elektronik ke iSiaga EcoCash. Berhubung layanan ini masih baru, tentu saja layanannya masih belum sempurna khususnya dalam segi estimasi penjemputan. Karena untuk daerah selain Jakarta dan Tangerang, semisal Bogor, meskipun dikenakan biaya penjemputan namun jumlah barangnya juga diperhitungkan dan harus banyak (lebih dari 5 barang) dengan akumulasi harga yang lebih dari Rp 100.000 sebab untuk menutupi biaya penjemputannya juga. Sehingga jika barangnya sedikit tentu saja mengalami sedikit kendala. Namun, tenang saja! Setiap masalah kan pasti ada solusinya ya.
Jadi, solusinya apa sih? Ada dua solusi yang ditawarkan, yang pertama kita bisa minta janjian ketemuan dengan pihak iSiaga di wilayah Jakarta atau Tangerang, namun tempatnya pun harus jelas. Nanti petugasnya akan menjemput ke alamat sesuai dengan yang didaftarkan.
Yang kedua adalah dengan cara barang tersebut dikirim ke alamat yang ada di Jakarta ataupun Tangerang sesuai dengan alamat yang didaftarkan nantinya akan ada petugas iSiaga yang datang.
Berhubung barang yang akan saya jual jumlahnya sedikit (hanya dua buah handphone), saya memakai opsi kedua. Jadilah saya meminta bantuan salah seorang teman di Tangerang dengan saya meminjam alamatnya untuk proses penjemputan dengan pihak iSiaga.
Untuk proses transasinya sendiri sebetulnya mudah dan cepat. Mengapa? Karena transaksinya bisa via website atau langsung menghubungin customer service dari pihak iSiaga Ecocashnya sendiri. Namun saya lebih memilih proses transaksinya via website saja. Bagaimana caranya? Akan saya jabarkan satu-persatu ya ^^

Pertama, masuk ke website http://isiaga.com/ecocash

 Lalu klik start recycling


Maka akan masuk ke halaman http://isiaga.com/ecocash/product.php

Lalu tinggal pilih sampah elektronik yang akan dijual kepada isiaga. 



Berhubung saya menjual dua buah handphone dengan merek yang tidak tercantum disitu, maka saya centang di kolom others GSM phone, di kolom not working.










Setelah itu scroll lagi di sebelah kanan atas ada kolom carts itu fungsinya untuk mengkonfirmasikan seberapa banyak barang yang akan dijual. Berhubung saya jual dua buah handphone maka pilihannya adalah 2. Setelah itu klik submit

Setelah klik submit, selanjutnya akan masuk ke halaman http://isiaga.com/ecocash/cart.php 


Di halaman ini semacam halaman konfirmasi terakhir kali untuk proses penjemputan, terdapat kolom kosong yang diisikan data diri seperti nama, email, nomor telepon dan alamat. Berhubung saya meminta tolong kepada salah seorang teman yang ada di Tangerang, jadi yang saya isikan ya nama dia beserta alamatnya.

Oh iya, pada tahap terakhir juga ada dua pilihan transfer, apakah akan di transfer ke akun bank atau akan disumbangkan. Saya memilih opsi kedua yaitu untuk menyumbangkannya ke YCAB Foundation, klik Call Back dan... Selesai! Mudah, tidak terlalu banyak memakan waktu. 






Saya melakukan transaksi sabtu, 11 April 2015 malam. Selang beberapa waktu kemudian, tepatnya hari senin, 13 April 2015 jam 11.30 WIB petugas isiaga menghubungi, dan sore harinya menjemput sampah elektronik milik saya.

Petugas dari iSiaga yang menjemput namanya Mas Abi Hafizh (Tjepi)

Dan ini tanda terimanya
Tulisannya nggak tebel, jadi nggak kebaca :|
Oh iya, saya punya sedikit masukan untuk iSiaga agar kedepannya bisa membuat iSiaga berkembang lebih baik lagi, mungkin untuk selanjutnya ada baiknya menambah jumlah petugas penjemputan barang guna menangani berbagai kebutuhan orang-orang yang ingin menjual sampah elektroniknya kepada iSiaga sehingga prosesnya pun bisa lebih cepat lagi. Oh! Dan satu hal lagi yang menjadi masukan dari saya adalah sebaiknya petugas penjemputannya dibekali GPS atau peta lokasi agar tidak kebingungan mencari-cari alamat penjual saat proses penjemputan. Karena akan memakan waktu yang lebih lama dan kasihan juga kepada petugasnya kalau sampai nyasar karena tidak begitu tau alamat yang ditujunya kan? Hehehehe 
Untuk selebihnya, iSiaga Oke punya! Dapat dijadikan salah satu solusi yang dapat kamu gunakan untuk membuang sampah elektronikmu, loh!
Kumpulkan sampah-sampah elektronik yang sudah tidak terpakai milikmu lalu jual saja ke iSiaga. Dan mari berdoa bersama-sama semoga layanan ini bisa menjangkau semua daerah di Indonesia. Aamiin
Kapan lagi kan dapat uang dari sampah-sampah elektronik yang tidak terpakai dan terlihat sudah tidak bernilai lagi? Ataupun kamu bisa dapat kesempatan untuk beramal dengan cara sederhana yang kamu bisa.
Yakin masih bingung mau dikemanain sampah-sampah elektronik yang ada jika sudah tau kalau ada iSiaga Ecocash yang selalu siap sedia? :)